iTALC : Aplikasi monitoring untuk Lab. Komputer yang GRATIS


 

iTALC – “Intelligent Teaching And Learning with Computers”

Saat ini lab. komputer bukan lagi hal yang baru di sekolah-sekolah menengah. Hampir semua sekolah sudah memiliki Lab. Komputer meskipun dengan segala keterbatasannya. Untuk melengkapi sebuah Lab. Komputer tentu saja diperlukan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengajar dan memantau aktivitas siswa selama pembelajaran.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara GRATIS adalah iTALC, mungkin ini satu-satunya aplikasi monitoring yang didistribusikan secara bebas. Anda bisa mendownloadnya di situs iTALC. Aplikasi ini bisa berjalan di platform windows maupun linux/ubuntu.

Fitur yang ditawarkan oleh iTALC adalah :

* monitoring layar komputer siswa

* mengendalikan komputer siswa secara remote

* menampilkan demo layar guru ke layar siswa secara simultan

* mengunci keyboar/mouse/layar komputer siswa

* mengirim pesan ke siwa (text message)

* remote power on/off komputer siswa

Fitur yang disediakan memang sangat terbatas, untuk fitur monitoring aplikasi ini berjalan cukup baik hanya saja ketika saya mencoba melakukan full view ataupun remote control pada salah satu komputer, tampilan yang ada pada layar sangat lambat. Kadang tampilan pada layar guru tidak sesuai lagi dengan tampilan yang seharusnya muncul di layar komputer siswa. Fitur Demo juga berjalan sedikit lambat dan terputus-putus sehingga dapat mengganggu proses pengajran/pembelajaran.

Fungsi Locking juga tidak berjalan dengan baik jika dilakukan secara individual pada salah satu komputer. Ketika Anda hanya ingin mengunci salah satu komputer, Anda tidak akan bisa melepaskan kunci pada komputer tersebut kecuali dengan cara mengunci secara keseluruhan dankemudian  melepaskannya kembali secara keseluruhan (global). Sangat disayangkan fitur send text hanya bisa dilakukan satu arah saja. Hanya guru yang bisa melakukan send text kepada siswanya.

Untuk Fitur Power ON/OFF. Saya hanya berkesempatan mencoba fitur OFF nya saja karena komputer yang terhubung tidak memiliki opsi WAKE on LAN. Fitur ini cukup berguna untuk mematikan komputer secara keseluruhan tanpa harus mendatangi komputer satu per satu.

Sebagai aplikasi yang disediakan secara GRATIS, tentu saja iTALC dapat dipertimbangkan oleh pihak sekolah yang memiliki budget yang sangat terbatas. Meski dengan segala kekurangan dan keterbatasan iTALC, fungsi monitoringnya masih dapat dimanfaatkan untuk memantau kegiatan siswa selama berada di LAB. KOMPUTER.

Jika memiliki budget yang lebih, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi komersial yang lebih lengkap dan lebih handal seperti Net Support School (maaf kalo kelihatannya seperti iklan, tapi NSS memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya, namun tentu saja dengan harga yang lebih mahal pula).

Tutorial Instalasi ITALC di windows dapat Anda baca di web ITALC

dan jika anda ingin mencobanya silahkan download Web ITALC disini

 

3 thoughts on “iTALC : Aplikasi monitoring untuk Lab. Komputer yang GRATIS

  1. An outstanding share! I have just forwarded this onto a colleague who was conducting a little research on this.
    And he in fact ordered me dinner due to the fact that I stumbled upon it for him.

    .. lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!
    ! But yeah, thanx for spending the time to talk about
    this issue here on your web page.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s