Website yang Menyediakan Informasi dan Petunjuk Dasar HTML 5



Halaman website kini semakin berkembang dan semakin ‘semantic’ dengan penggunaan tag yang spesifik. Kini anda dapat menambahkan efek ’round corner (sudut tumpul)’, drag and drop serta efek drop shadow (bayangan). HTML5 saat ini belum sepenuhnya didukung oleh semua web browser, tetapi para web designer dan web developer akan selalu terpacu untuk meningkatkan standar mereka.

diveintohtml5.org

Dive into HTML5 berusaha mengurai secara mendalam fitur-fitur dari spesifikasi HTML5 serta standar lainnya.

w3schools.com

HTML5 meningkatkan interoperabilitas dan mengurangi biaya pengembangan dengan membuat aturan yang pas mengenai bagaimana menangani elemen HTML, dan bagaimana memulihkan error. Beberapa fitur baru di HTML5 adalah fungsi untuk embed audio, video, gambar, media penyimpanan dari sisi klien, dan dokumen interaktif. HTML5 juga berisi beberapa elemen baru seperti , , dan . Kelompok kerja HTML5 diantaranya AOL, Apple, Google, IBM, Microsoft, Mozilla, Nokia, Opera, dan ratusan vendor lainnya.

html5rocks.com

Website ini merupakan tempat bermain-main dengan HTML5, studio, dan slide presentasi, semuanya berupa proyek open source. Anda dapat mengutak-atik kode atau memberikan kontribusi petunjuk-petunjuk baru.

html5demos.com

Percobaan HTML5 dan demonya. Klik pada icon ‘browser support’ atau tag technology untuk menyaring demo.

html5.org

HTML5 adalah versi baru dari HTML dan XHTML. HTML5 draft spesifikasinya menjelaskan sebuah bahasa yang dapat ditulis dalam bentuk HTML dan XML.

dev.w3.org

Spesifikasinya menjelaskan ke-5 revisi utama dari dasar bahasa World Wide Web: Hypertext Markup Language (HTML). Dalam versi ini, fitur baru diperkenalkan untuk membantu para pemilik aplikasi web, elemen baru diperkenalkan berbasis penelitian serta praktek penulisan, serta perhatian khusus diberikan untuk menjelaskan kriteria yang nyaman bagi para user agent dalam upayanya untuk meningkatkan interoperability.

html5doctor.com

Ide dari website ini datang dari kelanjutan HTML5 meetup setelah konferensi Future of Web Design di London.  Mereka menyadari bahwa tidak tersedia cukup sumber bagi orang-orang untuk belanjar lebih mengenai cara implementasi HTML5, sehingga mereka membuat ini.

developer.mozilla.org

Pada 28 Oktober 2009, HTML5 draft spesifikasi menjadi WHATWG Last Call, yang artinya sudah mendekati final. Artikel ini menjelaskan apa saja bagian dari HTML5 yang telah didukung oleh Mozilla Gecko engine.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s