Mesin Pencari RSS Feed yang Dapat Anda Gunakan untuk Mencari Konten Web Terkini


 

RSS (Rich Site Sumarry) seperti kita ketahui adalah cara paling umum untuk menampilkan konten yang secara rutin diupdate di website . Menggunakan feed reader, anda dapat memperoleh konten terbaru tanpat perlu mengunjungi setiap website secara satu persatu. Saat ini, setiap website atau blog sudah seharusnya memiliki fitur sindikasi konten via RSS Feeds. Ini adalah bentuk termudah dalam komunikasi sosial. Seperti bagian lainnya dari sebuah website, RSS Feeds juga dioptimasi untuk mesin pencari. RSS meta-data seperti data yang menjelaskan mengenai tanggal publikasi dan informasi bermanfaat lainnya yang termasuk didalamnya kode XML.

Karena itu, feed search engin adalah salah satu jalan termudah untuk mencari feed secara massal. Sebuah feed search engin juga terhubung ke RSS feed link dan menampilkan preview dari konten apabila anda memilik untuk berlangganan tanpa menjelajah/browsing melalui website. Berikut ini adalah beberapa mesin pencari RSS yang akan memberikan hasil pencarian lebih spesifik dibandingkan dengan mesin pencari umum.

Search 4 RSS

Search4RSS.com membantuk anda menjelajah berbagai feeds dengan memanfaatkan kata kunci. Fitur auto-complete dropdown akan membantu anda menggunakan kata kunci tertentu. ANda dapat meng-klik pada URL dari website di hasil pencarian atau secara langsung klik pada link RSS feed untuk berlangganan. Link abu-abu digunakan untuk menampilkan preview konten feed dari website . Search4RSS.com sebenarnya adalah campuran berbagai mesin pencari yang tersedia dalam sebuah kotak pencarian.

Plazoo

Nama Plazoo berasal dari bahasa Belanda yang artinya sesuatu yang serupa ‘sebuah tempat untuk mencari’. Plazoo adalah mesin pencari RSS yang mencari berita-berita dan informasi di ribuan RSS-Feeds. Anda dapat mencari melalui kategori seperti blog, berita perusahaan, informasi lowongan kerja, berita, media dan banyak lagi. Hasil pencarian dapat diurutkan berdasarkan relevansi atau tanggal. Fitur advanced filter dapat menampilkan hasil pencarian lebih spesifik. Sebagai contoh, anda dapat mengatur tanggal terlama untuk hasil pencarian. Anda dapat  membatasi pencarian berdasarkan bahasa dan tipe media. Anda dapat menggunakan ClipBox untuk menyimpan hasil pencarian.

RSSoogle

Cukup jelas, nama dari mesin pencari feed ini berasal dari RSS dan Google. Anda dapat menggunakan ini untuk mesin pencari umumnya atau menggunakannya untuk mencari RSS feed dengan mengklik salah satu tombol dari dua tombol yang tersedia. RSSoogle.com juga menampilkan tanggal dari feed, jadi anda dapat menuju pada hasil yang terkini. Apabila anda ingin menambahkan search tool pada daftar mesin pencari anda di browser, klik pada link yang tersedia di bagian atas.

RSS Micro

RSSMicro.com adalah mesin pencari feed spesifik yang mengambil hingga 12.000 index sumber berita. Layanan ini juga menggunakan teknologi feed ranking untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian. Sewaktu menggunakan pencarian feed, anda juga dapat melakukan pencarian web, video dan gambar. Sebelum berlangganan pada feed anda dapat melihat preview dan lainnya, termasuk postingannya.

Jamesoo

Jamesoo menyediakan hasil pencarian berita terbaru dalam bentuk layout surat kabar dengan intro serta link ke halaman inti. Mesin pencari ini mengambil semua berita dari RSS feeds yang dipublikasikan. Anda juga dapat menggunakan crawler dalam pilihan 15 bahasa. Walaupun belum sempurna, karena masih ada postingan lama pada hasil pencarian.

Mesin pencari feed mungkin bukan sesuatu metode yang anda suka, tetapi mesin pencari RSS feed merupakan kategori lainnya dari perangkat pencari yang dapat anda simpan dalam perlengkapan riset anda. Feed terkodekan dengan cara khusus yang membuatnya mudah dibaca oleh perangkat pencarian. Umumnya mesin pencari mengindex website secara keseluruhan. Karena itulah mengapa walaupun mesin pencari mengalami peningkatan kualitas pencarian, anda dapat menggunakan mesin pencari khusus feed ini serta memperluas hasil pencarian anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s