Basic SEO Tips: Teknik Dasar Pengoptimalkan Website pada Search Engine



Bisnis di Internet telah semakin meningkat dalam 10 tahun terakhir sehingga unsur optimalisasi website menjadi semakin penting. Sebuah mesin pencari memampukan user untuk mencari topik di internet menggunakan kata kunci atau frase. Mesin pencari membuat hidup kita lebih mudah dengan menyediakan hasil pencarian yang relevan dan sesuai dengan yang kita cari.

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses mengoptimalisasi website anda sehingga menduduki rangking teratas sesuai dengan apa yang anda cari. Saat anda mengisikan sebuah kata kunci (keyword) pada mesin pencari, maka sistem mesin pencari akan menelusuri informasi dan produk di internet yang sesuai dengan kata kunci dan menampilkannya untuk anda. Berikut adalah 5 langkah SEO paling efektif yang dapat diterapkan secara cepat dan mudah

1. Mencari kata kunci/keyword  terbaik

Mencari kata kunci yang terbaik adalah yang pertama dan bagian terpenting dalam mengoptimalisasi website anda. Anda akan membuang waktu sia-sia apabila anda mengoptimalisasi website dengan kata kunci yang kurang atau tidak digunakan oleh orang -orang dalam mencari informasi. Namun anda seharusnya menyediakan cukup waktu untuk mencari kata kunci yang yang paling efektif dan sesuai dengan website anda, gunakan perangkat online seperti Google AdWords atau Word Tracker.

2. Temukan pesaing/kompetitor anda

Menemukan kompetitor website bukanlah tugas yang mudah. Ini adalah pekerjaan besar namun sangat berguna apabila anda dapat menemukan link yang terhubung dengan website kompetitor anda (incoming links atau outgoing links) yang mana link tersebut telah membuat kompetitor anda sukses. Hal ini akan sangat meningkatkan hasil optimasi anda apabila anda menggunakan informasi yang dimiliki oleh kompetitor anda.

3. Optimalkan judul halaman web dan meta tags

Membuat judul dan Meta tags yang paling sesuai dengan halaman web sehingga mesin pencari akan menyimpan dan menampilkannya pada halaman hasil pencarian. Judul dan deskripsi yang tepat akan membuat ranking website anda lebih baik di list hasil pencarian.

4.  Optimalkan judul website

Jumlah maksimal karakter yang dapat digunakan pada sebuah judul adalah 55 karakter dan judul harus mencerminkan konten dari halaman anda. Karena Google hanya mengambil 55 karakter dari keseluruhan judul anda, maka anda perlu masukkan kata kunci yang paling penting saja. Judul yang menarik akan sangat memikat banyak pengunjung website anda.

5. Gunakan Heading

Selain menulis kalimat dalam paragraf panjang, anda dapat memasukkan heading dan membagi paragraf sehingga heading dapat menjadi sebuah tag atau sub title. Ini akan lebih menarik bagi pengunjung untuk membaca serta tampilan yang lebih atraktif ketimbang sebuah kalimat dengan paragraf yang panjang. Terapkan teknik optimalisasi mesin pencari ini dalam websate anda dan apabila perlu gunakan Search Engine Marketing Campaign selama satu atau dua hari dan dapat dipastikan ranking website anda akan jauh lebih baik di mesin pencari. Dengan ranking yang lebih baik tentu akan meningkatkan jumlah pengunjung pada website anda dan juga meningkatkan penghasilan anda.

Sebelum terjun dalam bisnis online, juga perlu mempelajari hal mendasar dari pengembangan bisnis dan pemasaran secara offline. Anda sebaiknya mempersiapkan dengan baik sebelum memulai bisnis sehingga anda tidak akah mengalami kerugian pada saat berinvestasi.

2 thoughts on “Basic SEO Tips: Teknik Dasar Pengoptimalkan Website pada Search Engine

  1. Pingback: Tweets that mention Basic SEO Tips: Teknik Dasar Pengoptimalkan Website pada Search Engine: -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s