Langkah Efektif untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog/Website Anda


Kali ini kita membahas bagaimana cara yang baik untuk mendapatkan jumlah kunjungan yang tinggi pada website atau blog anda dan beberapa tips bagaimana menjalankan metode ini dengan sukses. Posting ini ditujukan untuk website /blog yang masih baru atau yang masih akan dibuat dan memiliki konten yang baik serta mencoba mencari pembaca baru. Berikut beberapa tipsnya yang mungkin dapat anda praktekkan juga.

Ikut Berpartisipasi Dalam Forum-Forum

Ini merupakan salah satu sumber traffik kunjungan yang sangat baik, meskipun mungkin masing-masing blog berbeda tingkat kunjungannya, tetapi forum salah satu media yang efektif, terutama blog yang berfokus pada tutorial atau sharing solusi pada berbagai permasalahan yang sering dihadapi para netter, web designer atau web developer . Anda bisa luangkan waktu untuk mencari berbagai pertanyaan yang diajukan di berbagai forum dan berikanlah solusi yang anda mampu serta memberikan sebuah link back ke blog asli anda yang berisi solusi lengkapnya. Ini merupakan solusi yang saling menguntungkan (win-win solution) dimana pertanyaan terjawab dan tentunya anda akan mendapat beberapa pembaca baru di blog anda.

Memberikan Komentar Pada Blog Lain

Yang ini cukup umum. Secara umum anda yang suka belajar hal-hal baru, membaca berbagai blog, dan mendapat berbagai ide baru untuk blog anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memposting komentar di blog adalah:

1. Pastikan anda memiliki sesuatu yang relevan dan spesifik untuk dituliskan, daripada hanya ucapan pujian seperti “terima kasih”, “artikel yang menarik”, dst.. Pembaca lain akan mengklik blog anda apabila melihat tulisan pada komentar yang informatif dan bernilai tambah pada blog yang anda beri komentar.

2. Berikan komentar pada blog tidak terlalu besar, tidak hanya pada blog-blog populer saja. Tentunya memang lebih mudah untuk menemukan blog populer karena mereka berada di peringkat atas mesin pencari dan paling banyak dishare di berbagai jejaring sosial, tetapi apabila anda menemukan blog yang lebih kecil dan menjadi pembaca rutin dan berkontribusi dengan memberikan feedback dan komentar, anda akan menerima follower yang rutin pada blog anda sendiri. Anda dapat saling membantu dengan memberikan komentar masing-masing blog dan saling berbagi melalui jejaring sosial. Satu lagi solusi saling menguntungkan (win-win solution).

Daftar di  Beberapa Jejaring Sosial

Anda dapat mencoba memulai usaha melalui akun jejaring sosial milik anda, walaupun ini cukup menyita waktu tetapi layak dicoba. Beberapa hal yang perlu dipikirkan saat ber-social networking:

1. Menjadi sosialis, ini mengenai jaringan dan hubungan dengan orang lain, jadi pastikan anda benar-benar berinteraksi dengan orang-orang. Pada Twitter, pastikan untuk mem-follow orang yang mem-follow anda dan me-retweet beberapa posting mereka. Jangan hanya men-tweet posting anda sendiri, ini bukanlah social atau networking.

2. Hal yang sama pada Facebook, jangan hanya memposting link website anda saja, coba berbagi link beberapa blog dan website yang layak di-share. Pastikan anda berinteraksi dengan fans anda.

Daftarkan Artikel Anda Pada Social Media

Anda dapat memperoleh traffic baru dengan mendaftarkan posting artikel anda ke berbagai social media seperti : LintasBerita, InfoGue, Disuka, atau yang untuk social media luar: Digg, Delicious, Reddit, dll. Hal yang perlu diperhatikan:

1. Psatikan judul dari artikel anda menarik perhatian dan membuat orang ingin membaca artikel anda. Ini tidak berarti anda harus menulis judul seperti membuat iklan seperti “Dijamin cara mendapat uang melalui blog anda” tampak terlalu mirip iklan, sederhananya jadilah jujur dan jangan menyesatkan orang. Judul harus jelas, mengenai apa yang ada di artikel anda, anda tentunya tidak ingin orang menjadi kecewa dan tidak akan pernah percaya lagi untuk mengunjungin website anda karena konten yang ada tidak sama dengan judul.

2. Luangkan waktu untuk membaca beberapa artikel lain yang telah diposting. Mungkin anda menemukan beberapa blog yang menarik untuk di follow, dan apabila anda membaca materi ini dan memberikan komentar pada posting mereka, mungkin anda akan mendapat follower baru untuk blog anda.

Dari artikel diatas, diperlukan usaha untuk mencapainya, dan anda akan melihat kenaikan trafik kunjungan ke blog anda dari hari ke hari semakin meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s