Bagaimana Melakukan Analisa Kata Kunci yang Tepat Bagi Website Anda


Setiap orang yang ingin mengembangkan website mungkin telah mendengar tentang SEO – misteri optimalisasi mesin pencari. Ini merupakan proses tiada henti yang yang terdiri dari banyak langkah yang selalu mengalami perbaikan untuk dapat menigkatkan visibilitas di mesin pencari. Apabila anda telah mendengar tentang SEO mungkin anda juga telah mendengar bahwa dasar dari SEO yang sukses adalah analisa kata kunci yang akan kita bahas kali ini.

Mari kita mulai dari awal. Kata kunci merupakan kata yang digunakan oleh pengakses website untuk mencari sesuatau produk/jasa/informasi yang mereka butuhkan di mesin pencari. Ini adalah ‘Cara membuat website dengan WordPress‘ yang anda ketikkan di mesin pencari apabila anda ingin memulai mengembangkan website dengan WordPress atau ‘web developer‘ apabila anda mencari perusahaan atau jasa pembuatan website.

1. Tentukan kata kunci yang digunakan oleh orang untuk menemukan usaha anda

Langkah ini paling penting dan mungkin cara termudah dan dapat anda selesaikan dalam 3 langkah tanpa dukungan program atau program berbayar yang ditawarkan di pasaran.

  • Tanyakan teman-teman dan relasi anda apa kata dan frase yang sesuai dengan bisnis anda dan taruh dalam list anda.
  • Buka Google dan ketikkan kata kunci dan frase kata di web browser dan Google akan menampilkan hasil pencarian berkaitan yang dicari oleh orang lain. Untuk memudahkan, anda dapat memindah dari Standard view ke Related search view. Caranya cukup ketik kata kunci pada Google search bar dan pada kolom sebelah kiri hasil pencarian, klik pada panel ‘More search tools’ dan pilih Related Searches, maka Google akan menampilkan kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang anda ketikkan.
  • Gunakan Google Wonder Wheel, tool yang sangat istimewa. Wonder Wheel adalah variasi lain dari Related Searches, tetapi dengan tampilan lebih menyenangkan. Wonder Wheel menampilkan semua yang berhubungan dengan pencarian anda dan popularitas masing-masing. Anda dapat meng-klik pada related search circle dan menganalisa lebih mendalam dari pencarian kata kunci. Simpan sebanyak mungkin kata kunci dalam list anda tetapi pastikan semuanya terhubung dengan bisnis, jasa atau produk web anda.

2. Mengetahui seberapa banyak orang-orang menggunakan kata kunci yang anda pilih

Alat yang dapat anda gunakan disini adalah Google Keyword Suggestion Tool. Ini adalah bagian dari Google Adwords (ini digunakan untuk menemukan kata kunci terbaik bagi iklan anda di google ads) tetapi anda dapat menggunakan ini juga untuk tujuan mengidentifikasi seberapa populer kata kunci dan frase yang anda miliki. Butuh hanya beberapa menit untuk register di Google Adwords dan anda dapat bersiap menggunakan tool ini.

Ketikkan kata kunci atau frase yang anda miliki dan Google Keywords Tool akan menampilkan list yang terhubung dengan pencarian (bandingkan ini dengan list yang anda milik apabila anda perlu melakukan check ulang) serta tampilan berapa total pencarian per bulan untuk masing-masing kata kunci. Di tahap ini anda dapat membuat tabel excel berisi kata kunci anda di kolom pertama dan jumlah pencarian per bulan di kolom kedua. Kemudian urutkan/sort kata kunci anda dengan menaruh yang paling populer di bagian atas dan yang kurang populer semakin kebawah.

Hapus kata kunci yang memiliki jumlah pencarian kurang dari 1.000 pencarian per bulannya, kecuali apabila anda menawarkan sesuatu yang sangat unik dan banyak pengunjung dari mesin pencari yang mencarinya.

3. Tentukan kompetisi anda dan pastikan kata kunci yang anda pilih relevan

Hal ini merupakan pekerjaan yang cukup membosankan, anda perlu bersabar karena kini dengan semua kemungkinan kata kunci dalam list anda, kita harus menemukan relevansi dan kompetisinya.

Berikut penjelasan mengenai ‘relevansi’. Sebagai contoh anda memproduksi sebuah software yang membuat para fotografer dapat membuat efek fotografi yang indah dengan cara yang mudah. Salah satu kata kunci yang mungkin ada pikirkan adalah ‘photo website ‘ akan tetapi tidaklah demikian. Apabila anda ke Google dan mengetik ‘photo website ‘ di kotak pencarian maka anda akan temukan daftar website yang menawarkan stok foto dan tentunya ini bukanlah kata kunci yang tepat bagi optimalisasi website anda.

Kini kembali lagi ke kompetisi. Ini mungkin bukan perusahaan yang menawarkan layanan yang sama dengan yang anda miliki melainkan halaman yang terindex di Google yang berisi kata kunci yang sama dengan kata kunci anda dimana anda ingin mengalahkannya. Jadi ketikkan kata kunci di kotak pencarian Google dan pastikan relevansinya dan taruh total jumlah halaman yang terindex sesuai dengan kata kunci anda di table disamping daftar total jumlah pencarian bulanan.

4. Menemukan kata kunci yang terbaik

Hingga sekarang anda setidaknya sudah memiliki list sekitar 50 kata kunci dan frase dengan urutan dari besar ke kecil berdasarkan jumlah total pencarian dan kompetisi. Apabila anda memiliki sebuah website dengan jumlah halaman lebih dari 20 anda dapat menggunakan semua kata kunci tersebut, tetapi apabila anda memiliki halaman sederhana 5-10 halaman saja, maka anda harus memilih kata kunci yang terbaik.

Kata kunci yang terbaik ditentukan dari rasio relevansi, popularitas dan kompetisi. Kata kunci yang paling mendekati dengan bisnis anda, memiliki jumlah pencarian terbesar dan kompetisi paling kecil adalah yang terbaik.

Terdapat banyak konstanta yang ditawarkan oleh berbagai pakar, tetapi apabila anda tidak membuat analisa kata kunci setiap harinya mungkin anda akan lupa bagaimana mengkalkulasinya. Jadi untuk membuat lebih mudah, anda dapat membagi jumlah pencarian bulanan dengan jumlah halaman yang terindex untuk kata kunci ini dan bagi dengan misalnya 1.000. Anda akan mendapat hasil seperti 0,1-0,3, kurang dari 0,1 dan sangat kurang dari 0,01.

Jumlah yang semakin kecil menunjukkan jumlah pencarian yang kecil untuk kata kunci tersebut dan kompetisi yang sangat tinggi.

Anda dapat mengabaikan kata kunci ini, tetapi perlu anda check masing-masing secara individual. Apabila anda memiliki produk terbaik di beberapa kata kunci tersebut, anda tentu dapat mengalahkan semua kompetisi dan tampil di mesin pencari meskipun kompetisinya tinggi.

Di akhir setelah membuat analisa rasio, anda mestinya memiliki sekitar 10 kata kunci yang sangat bagus, 10 kata kunci yang cukup bagus dan sekitar 5-10 kata kunci cukup baik yang mungkin juga berguna.

5. Memecah kata kunci dalam halaman

Kini kita ke point yang paling kompleks. Anda tidak dapat menggunakan semua kata kunci yang anda miliki ke dalam satu halaman saja. Setiap halaman harus dioptimalisasi untuk tidak lebih dari 2-3 kata kunci / frase kata dan tentunya, mereka harus 100% relevan dengan konten halaman.

Pilih 3 kata kunci terbaik untuk halaman depan dan sebar sisanya di halaman lainnya. Kini tambahkan beberapa kata kunci yang cukup baik di setiap halamannya. Pilih satu atau dua kata kunci yang dapat anda gunakan dalam teks halaman secara natural/organik.

Atur list yang anda buat di excel  sehingga anda memiliki daftar kata kunci yang akan digunakan di setiap halaman dan untuk memastikan tampilnya kata kunci anda di mesin pencari.

Langkah berikutnya tentunya adalah membuat optimalisasi kata kunci untuk halaman website . Anda dapat mulai menyebar kata kunci dalam setiap halaman website dengan menggunakan list kata kunci hasil analisa anda.

2 thoughts on “Bagaimana Melakukan Analisa Kata Kunci yang Tepat Bagi Website Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s