Petunjuk Bagi Para Freelancer dalam Menentukan Harga


Salah satu hal yang selalu menjadi permasalahan seorang web developer atau graphic designer adalah menentukan harga yang wajar dalam pengerjaan desain. Kita semua tentu tidak menginginkan customer takut dengan harga yang kita berikan. Namun usaha dan kerja keras kita tentu tidak bisa dihargai dengan sangat murah, yang bahkan tidak dapat menutup biaya operasional kita sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda freelancer untuk menghargai diri anda sendiri, berapa nilai anda sebenarnya. Apabila freelance adalah kegiatan utama anda yang berarti pemasukan anda disini, pastikan anda memberikan harga yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tetapi apabila anda masih bersekolah / kuliah dan ini adalah pekerjaan sampingan, anda dapat mengabaikan hal ini.

Tip 1. Jangan memberikan harga terlalu murah

Cukup sederhana. Berikan harga yang wajar. Dan ingat: jangan sekedar menghitung berapa lama pekerjaan tersebut. Perlu dimengerti bahwa orang-orang tidak hanya membayar untuk waktu anda, tetapi mereka menginginkan training dan service dari anda. Pastikan anda menghitungnya.

Tip 2. Lakukan riset

Tidak terlalu sulit bagi anda melihat-lihat dan membandingkan berapa kompetitor anda memberikan harga. Sebagai seorang freelancer harga anda tidak selalu dapat bersaing dengan harga sebuah perusahaan, tetapi anda dapat memberikan harga sedikit dibawahnya. Bila klien anda berpikir harga anda terlalu mahal, berikan referensi beberapa kompetitor dimana mereka menetapkan harga bahkan lebih mahal dari harga yang anda berikan.

Tip 3.Harga terlalu murah menyakitkan bagi semua pihak

Dengan memberikan harga terlalu murah, tidak hanya menjatuhkan harga pasaran industri web. Selayaknya adalah lakukan pekerjaan yang baik, dan berikan harga yang layak. Sebaiknya jangan menghargai pekerjaan dengan harga sangat murah dan memberikan hasil yang buruk, ini akan berdampak buruk bagi kita semua para pekerja web.

Tip 4. Terkadang anda kehilangan klien

Ini tidaklah buruk. Dengan berbagai alasan, sebagai freelancer kita tergoda untuk mengambil apapun yang dapat kita kerjakan. Kita meyakinkan diri sendiri bahwa kita tidak dapat memberikan harga yang lebih karena klien tidak mampu membayarnya, padahal dalam kenyataannya mereka terkadang sanggup. Jangan takut untuk menetapkan harga yang layak. Lihat dari sudut pandang ini, bahwa apabila website adalah sesuatu yang penting dan vital bagi bisnis klien anda, maka mereka pasti akan mencari jalan untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan.

Tetapi terkadang, mereka benar-benar tidak memiliki uang. Dan dalam hal ini, mungkin cara terbaik adalah mengatakan tidak. Anda perlu mengerti bahwa waktu anda sangat berharga, mungkin saja dalam bulan depan anda memperoleh proyek besar, dan hanya karena proyek yang sangat kecil, waktu dan konsentrasi anda terbagi, adalah lebih baik fokus pada satu proyek besar.

Terkadang seorang calon klien pergi karena anda memberikan harga agak mahal. Apabila mereka pandai dan andapun memiliki hasil kerja baik, mungkin mereka akan kembali setelah menemukan bahwa harga dari kompetitor kurang lebih sama dengan harga yang anda berikan. Atau mungkin mereka memesan dari hasil mencari di google dengan kata kunci “buat website murah”, dalam hal ini perlu anda ketahui bahwa mereka mendapat sesuai dengan apa yang dibayarkan.

Tip 5. Jangan berlaku bodoh

Apabila anda memiliki kemampuan di suatu bidang, katakanlah website . Anda wajib menghargai diri anda secara profesional. Banyak orang menganggap pekerjaan website adalah sebuah hobi, dan bukan sebuah profes, sehingga mereka kurang menghargai jasa kita. Untuk ini jangan biarkan mereka mengambil keuntungan dengan menggunakan pandangan mereka.

Tip 6. Sebut diri anda sesuai dengan kemampuan anda

Seringkali hari-hari ini, kata freelance menjadi sebuah konotasi yang buruk, dan meninggalkan sesuatu yang pahit. Jadi orang-orang telah beralih dengan sebuatan atau gelar apapun yang mereka pikirkan, sebut saja Konsultan, Guru, Pakar, dan lainnya. Miliki kepercayaan diri dan yakinkan diri anda bahwa anda mampu.

Tip 7. Biarkan hasil kerja anda berbicara

Diatas semuanya, hasil kerja andalah yang berbicara. Apabila anda bekerja dengan baik, orang akan mengetahuinya.. dan cepat. Apabila klien anda menyukai hasil kerja anda, mereka akan memberitahukan kepada yang lain tentang anda. Mereka akan menyebut anda freelancer yang tidak memberikan harga yang terlalu murah, yang artinya bahwa anda mengerti apa yang akan anda kerjakan. Anda tidak dapat men-charge 5 juta apabila anda tidak memberikan pekerjaan dan kemampuan senilai 5 juta. Hasil kerja anda yang akan berbicara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s