Masa Depan Web Design: Bagaimana Karir Seorang Designer di Masa Depan


Mungkin banyak dari kita telah melihat dan mendengar pembicaraan mengenai masa depan dari web design dan tampaknya para designer dan developer cukup frustasi dengan apa yang sedang terjadi…

Banyak designer berbicara mengenai masa depan web design dan tampaknya para designer dan developer frustasi dengan apa yang terjadi pada web saat ini. Berikut ini prediksi mengenai masa depan web design.

Lebih banyak Content Management System, dan semakin kurang HTML

Ketika berbicara mengenai design dan develop website , kini semakin banyak user beralih pada CMS (Content Management System) dan semakin berkurang adanya HTML/halaman statis web. Dengan fungsionalitas CMS dan kemampuan untuk mengatur segalanya melalui kontrol panel, tidak perlu lagi melakukan editing halaman HTML melalui code editor. Banyak orang menggunakan content management system untuk

  • Blogging – Dengan pertumbuhan yang signifikan dari bloggin, dapat dilihat telah lebih dari jutaan blog di seluruh dunia hingga masa depan. Dari sudut pandang designer , kita semua menjalankan dan mendesain website untuk orang-orang yang membutuhkan atau memulai sebuah blog.
  • CMS – Tidak seperti sebagian besar orang, namun ada orang yang lebih suka website mereka memiliki kemampuan sebuah CMS. Dan dari sekarang hingga kedepannya akan banyak para designer mengembangkan CMS untuk perusahaan atau personal project.

Semakin banyak website Builder

Dengan perkembangan teknologi dapat kita lihat semakin banyak orang beralih pada website builder. website builder memberikan user kemampuan untuk mengupdate dan mengatur website mereka tanpa perlu kemampuan pemrograman atau code. Banyak orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang HTML, css , PHP, Javascript dan lainnya. Juga banyak orang tidak ingin untuk mengeluarkan biaya dan membayar web developer untuk pekerjaan yang ingin mereka lakukan, jadi menawarkan jasa pekerjaan yang terlalu mahal akan membuat mereka beralih pada website builder. website builder juga akan menjadi semakin kompleks dan user dapat melakukan suatu proses dengan cepat yang mungkin perlu 3 hari bagi seorang web developer dalam mengerjakannya

Freelancer semakin berkurang dan makin banyak perusahaan atau pekerjaan personal

Faktanya bahwa semakin murah suatu pekerjaan akan menjatuhkan pekerjaan seorang freelancer. Banyak yang berkata bahwa menjadi freelance akan tetap baik-baik saja, tetapi sangat mungkin bahwa hal ini akan berubah dalam waktu dekat. Dengan semakin sedikitnya pekerjaan design akan menyebabkan banyak designer yang beralih kerja pada perusahaan atau bekerja pada personal project / pekerjaan personal. Hal yang bagus mengenai freelance adalah anda menjadi boss sendiri, tetapi dengan menjadi freelance anda tidak akan memperoleh pendapatan yang stabil dan perlu mencari pekerjaan dari bulan ke bulan.

Semua ini hanya bersifat opini dengan melihat gambaran saat ini serta kemungkinan yang akan terjadi dikemudian hari, bisa benar dan bisa tidak. Mari kita buktikan hal ini bersama-sama seiring dengan berjalannya waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s