Produk-Produk Gratis dari Microsoft yang Patut Untuk Anda Coba


Banyak dari kita menyukai software gratis, terutama dari perusahaan pengembang yang dapat dipercaya. Mencari software gratis dan bagus dari perusahaan besar kadang sulit karena begitu banyaknya tawaran software gratis di website.

Meskipun Microsoft bukanlah perusahaan yang identik dengan sesuatu yang bersifat gratis. Tetapi nyatanya banyak juga software gratis yang ditawarkan oleh Microsoft, yang bebas digunakan dan berikut beberapa diantaranya yang layak anda gunakan.

1. Microsoft Security Essentials

Microsoft Security Essentials menyediakan perlindungan real-time terhadap PC anda dan menjaga dari berbagai virus, spyware dan berbagai software jahat lainnya. Microsoft Security Essentials dapat didownload gratis dari Microsoft dan sangat sederhana dalam instalasi serta penggunaannya, memiliki kemampuan auto update sehingga PC anda terlindungi dengan teknologi yang terkini. Namun untuk menggunakan software ini, sistem operasi Windows anda harus asli.

2. Windows Live Writer

Penulis dapat dengan mudah men-share foto dan video di hampir setiap layanan blog yang ada – Windows Live, WordPress, Blogger, LiveJournal, TypePad dan masih banyak lagi.

3. Process Explorer

Process Explorer menampilkan terdiri dari dua sub-windows. Jendela bagian atas menampilkan proses yang sedang aktif di komputer anda, termasuk nama akun dari pemilik, sedangkan informasi yang ditampilkan di bawah jendela tergantung dari mode Process Explorer. Process Explorer juga memiliki fitur pencarian dengan kapabilitas tinggi yang dapat menampilkan proses yang sedang kita load.

4. Microsoft Visual Studio 2010 Express

Visual Studio 2010 dikemas dengan fitur baru dan lebih canggih yang memudahkan keseluruhan proses pengembangan dari mulai desain hingga pelaksanaan. Kustomisassi workspace dengan dukungan multiple monitor. Membuat rich application untuk SharePoint dan Web. Ditujukan terhadapat multiple version dari .NET Framework dengan tool yang sama. serta banyak lagi.

5. Photosynth

Photosynth mengambil gambar anda, mencampur secara bersamaan dan menciptakan ulang sebuah tampilan 3D yang siapapun dapat melihatnya secara berkeliling. Berbeda dengan foto statis atau video, Photosynth dapat menjelajah detail lokasi, obyek dan kejadian tidak seperti media lainnya. Anda tidak dapat menghentikan video, memutar dan memperbesar untuk melihat detail terkecil, tetapi Photosynth dapat melakukannya.

6. Window SteadyState

Apakah anda menjalankan komputer di laboratorium komputer sekolah atau di kafe internet, di perpustakaan, atau bahkan dirumah, Windows SteadyState membantu membuat menjaga komputer anda tetap berjalan seperti yang anda inginkan, tidak peduli siapapun yang menggunakannya, Windows SteadyState menyediakan cara yang lebih efektif untuk menjaga share komputer dari utak-atik orang asing serta instalasi software yang tidak diinginkan. Juga dapat menjaga keamanan system resource.

7. Windows Live SkyDrive

Dengan SkyDrive anda dapat memasang folder untuk publik atau shared folder di Windows Live Spaces. Setiap orang dapat melihat apa yang bersifat publik, tetapi hanya orang-orang tertentu yang telah anda beri ijin khusus yang dapat mengakses shared folder. Dan anda dapat memanfaatkan media penyimpanan online sebesar 25GB yang artinya anda dapat menyimpan, mengakses, share/berbagi file-file online dengan teman sekerja, atau teman-teman lainnya dari manapun.

8. Bing Maps

Bing Maps memberikan pengalaman mendalam yang menghubungkan orang-orang dengan dunia. Kini anda dapat membuat sebuah solusi dan terhubung dengan orang yang se-ide dengan anda. Dengan Bing Maps API anda dapat mengembangkan pengalaman peta bagi website anda. atau anda dapat menjangkau lebih banyak orang dengan memasang aplikasi peta anda pada Bing Maps.

9. Microsoft Research WorldWide Telescope

WorldWide Telescope (WWT) adalah software Web 2.0 dalam visualisasi yang berfungsi sebagai virtual teleskop di komputer anda, dengan membawa visualisasi teleskop dari tanah hingga angkasa di seluruh dunia serta menjelajah alam semesta.

10. SyncToys

Sync Toys adalah aplikasi gratis yang dapat mensinkronisasi file dan folder di lokasi yang berbeda. Umumnya user menyertakan sharing file seperti foto, dengan komputer lainnya dan membuat copy backup dari file dan folder.

11. Windows Live Photo Gallery

Dengan Photo Gallery, sangat mudah untuk mengakses foto dan video dari kamera anda ke PC. Pilih foto favorit dan bagikan dengan teman dan keluarga. Buat foto anda menjadi lebih bagus, serta membuat efek foto panorama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s