Mesin Pencari untuk Jejaring Sosial (Social Network)


Dengan semakin berkembangnya jejaring sosial dan semakin banyaknya pengguna atau user yang mendaftar, tentu anda akan semakin dibuat pusing dengan banyaknya nama yang sama, hobi yang sama atau update yang sangat cepat. Dengan adanya mesin pencari untuk jejaring sosial akan membantu anda dapat mencari dari puluhan jejaring sosial atau pengguna yang online berdasarkan nama, nickname, alamae email atau lainnya. Berikut ini adalah beberapa mesin pencari yang dapat membantu anda dalam menemukan profil seseorang di berbagai jejaring sosial yang populer di internet.

1. Social Mention

Social Mention adalah mesin pencari social media berikut platform analysis. Mengambil konten secara user generated dari seluruh dunia dam menjadikan satu aliran informasi. Di Social Mention anda dapat mencari blog, micro blog, network, bookmark, komentar, event, gambar, berita, video, audio dan pertanyaan dalam kategori yang spesifik hanya dengan mengetikkan kata kuncinya. Hasilnya dapat diurutkan berdasarkan tanggal, sumber, opini, kata kunci dan masih banyak lagi. Anda juga dapat membuat alert untuk fitur pencarianagar dapat mengirimkan email harian dan menginstall real-time buzz widget di website anda.

2. yoName

Dengan bantuan yoName anda dapat mencari seseorang dengan menggunakan nama, username, alamat email atau nomor telepon dari 26 situs jejaring sosial yang berbeda. Cukup ketikkan informasi pada kolom pencarian dan klik yo, maka hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tab yang berurutan sesuai dengan jejaring sosial yang berbeda-beda.

3. Snitch.name

Snitch.name adalah mesin pencari untuk jejaring sosial yang sangat hebat. Juga dikenal sebagai social white page. Anda dapat mencari seseorang berdasar nama depan atau nama belakangnya dalam satu tampilan saja. website akan dipecah dalam beberapa kategori seperti Social (Facebook, Twitter, Friedfeed, Bebo), Professional (LinkedIn), Academic (Google Scholar, MIT), Blogs (WordPress), General (Pipl, yoName, Google), US.gov dan Regional. Di halaman depan terdapat pilihan untuk semua website tersebut.

4. Folowen

Folowen juga sebuah direktori. Fitur social search di website ini menggunakan mesin pencari Google. Mencakup sebagian besar website jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, MySpace, Ning, Vimeo, hi5, dan Bebo. User dapat mencari social profile dan organisasi pada beberapa website social media dalam satu hasil pencarian. Siapapun dapat menggunakan layanan ini tetapi untuk user yang login dapat mencari dan menyimpan riwayat pencarian secara otomatis, sehingga dapat mencari konten yang sama kapanpun dia inginkan. Saat anda mencari, social link dibagi per jejaring sosial, dengan hasil urut berdasarkan top result. Anda dapat meng-klik more result apabila hasil pencarian cukup banyak.

5. Samepoint

Samepoint adalah mesin pencari percakapan. Anda dapat melihat apa yang dibicarakan oleh orang-orang. Hasil pencarian dapat diurutkan dalam beberapa cara dengan pilihan pada atas layar yang termasuk diantaranya : real-time, bookmarks, wikis, networks, groups, micro blogs, dan news. Saat anda mencari, hasilnya akan tampil dalam bentuk aliran konten dan akan disediakan sedikit percakapan, dengan simbol yang mewakili jejaring sosial dimana percakapan dilakukan.

6. Google Social Search

Pada Google social search anda dapat mencari sebuah kategori dan klik pada more search tools pada sebelah kiri layar. Apabila ‘more options’ muncul, pilih Social dan hasilnya akan tersaring khusus hanya konten yang terdapat pada lingkaran jejaring sosial.

7. Wink People Search

Wink People Search adalah mesin pencari yang canggih. Ini adalah mesin pencari orang terbesar di dunia. Anda dapat mencari seseorang berdasar nama, lokasi, sekolah, pekerjaan, minat (seperti musik, TV, film) dan mendapat nomor telepon mereka, alamat, website , foto, pekerjaan, sekolah dan masih banyak lagi. Memiliki database user hingga ratusan juta orang. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat, anda sebaiknya menyertakan sebanyak mungkin detail dari pencarian anda seperti tanggal lahir, sekolah atau kampus, perusahaan, tempat tinggal dan hobi.

8. Pipl

Pipl adalah mesin pencari orang. Mencari secara mendalam di website yang biasanya tidak diindex oleh mesin pencari seperti Google. Di Pipl anda dapat mencari berdasarkan nama, email, nomor telepon dan username.

9. Whoisi

Whoisi adalah mesin pencari yang mudah digunakan dan saat ini masih tahap rilis beta. Anda dapat mencari apa yang sedang dikerjakan oleh teman-teman anda. Ini cukup unik karena ini bersifat publik dan dapat dikoreksi oleh siapapun seperti wiki. Tidak perlu registrasi dan tidak perlu partisipasi teman-teman anda untuk tetap melacak mereka. Anda dapat mencari dengan nama, nama samaran atau bahkan nick name.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s