Dengan Privacy Policy Baru Facebook , Perlukah Menghapus Akun Facebook atau Menonaktifkannya ?


Apa cara teraman untuk menonaktifkan dan menghapus data di akun Facebook anda secara menyeluruh? Kini banyak orang yang cukup kuatir mengenai keamanan data pribadi mereka dikarenakan adanya perubahan pada Facebook privacy policy dan akibatnya banyak yang ingin menghapus akun mereka dari akun Facebook.

Berikut ini adalah cara mudah untuk melakukannya, tetapi perlu juga diketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penghapusan akun tidak terjadi

Menurut Chris Pirillo mengenai kebijakan privasi:

  1. Jangan pernah membagi apapun yang tidak anda ingin dunia mengetahuinya.
  2. Ulangi langkah pertama

Itu tentu jelas Chris hendak memberikan anda kejutan dan perhatian mengenai hal ini, dia ada benarnya. Apabila anda tidak ingin sesuatu kemungkinan akan menjadi konsumsi publik, maka jangan pernah membaginya secara online. Hal yang sangat sederhana dan melindungi anda secara menyeluruh dari berbagai kebijakan privasi di berbagai komunitas, meskipun kebijakan tersebut berganti dari waktu ke waktu. Apa yang saat ini menjadi privasi mungkin tidak akan terjadi di kemudian hari.

Penonaktifan

Penonaktifan tidak sama dengan “Penghapusan”. Penonaktifan adalah “mematikan” akun anda, tetapi tidak menghapus data anda. Anda masih dapat melakukan tag pada foto dan banyak informasi anda yang masih dapat dilihat, entah Secara publik atau sesama member di Facebook.

Ide dibalik penonaktifan adalah bahwa suatu saat anda akan kembali dan menginginkan semua data anda untuk dikembalikan semula.

Tentu saja, penonaktifan adalah yang diinginkan oleh Facebook.

Apabila anda serius dan memutuskan bahwa “Saya tidak akan kembali lagi”, anda ingin menghapus akun Facebook anda.

Bagaimana menghapus akun Facebook anda

Dimulai dengan menghapus semua ikatan yang telah anda buat pada akun Facebook anda dari luar Facebook.Apabila anda memperbolehkan web lain untuk menggunakan Facebook Connect untuk anda log in, hal tersebut harus di-disable dulu, karena Facebook Connect dengan single login sistem tersebut dapat membatalkan prosedur penghapusan akun anda. Anda pergi ke website tersebut dan mengganti cara anda login sebelum menghapus akun Facebook anda.

Apakah anda menggunakan aplikasi Facebook pada mobile phone? Hapus dulu, dari perangkat mobile anda. Menggunakan Facebook add-in di program instant messaging / chat? Hapus dulu dari komputer anda. Semua koneksi keluar tersebut dapat menyebakan proses penghapusan akun Facebook anda dibatalkan.

Menghapus Akun Facebook Anda

Menuju ke link ini :

http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=delete_account

Ikuti petunjuk disana.

JANGAN LOGIN PADA AKUN ANDA SETIDAKNYA SELAMA DUA MINGGU.

Atau bahkan lebih lama. Hal ini sangat penting. Apabila anda login kembali dalam dua minggu maka anda akan membatalkan proses penghapusan akun. Apabila anda login kembali pada aplikasi external Facebook, maka proses penghapusan akun anda akan dibatalkan.

Setelah 14 hari penghapusan akun akan permanen. Apabila anda mengubah pikiran dan ingin memiliki akun lagi, maka anda perlu membuat yang baru.

Apa yang sebaiknya dilakukan tanpa perlu menghapus akun?

Anda dapat tetap beraktifitas di Facebook tanpa perlu kuatir mengenai privasi anda tersebar keseluruh dunia, dengan tidak membagi apa yang tidak ingin dunia melihatnya. Bahkan walupun anda melakukan posting secara privat saat ini. Anda perlu perhatian terhadap privasi ini bahwa Facebook suatu saat tidak menutup kemungkinan akan mengubah aturan layanannya lagi yang akan membuat apa yang sebelumnya privat menjadi informasi publik.

Apakah hal ini jahat? Tentu saja, dan jelas-jelas Facebook telah memiliki reputasi dalam melakukan ini. Tetapi kita tidak perlu mengontrol Facebook, kontrol kita adalah bahwa pikirkan benar-benar apa yang ingin anda share. Ini berarti benar atau salah jalan untuk melindungi diri sendiri dan privasi diri adalah dengan tidak membagi sesuatu yang anda tidak ingin dunia mengetahuinya.

Asumsikan apapun yang anda posting pada Facebook, bahkan yang merupakan sesuatu yang “privat”, suatu saat akan menjadi publik dengan suatu alasan, mungkin menghapus akun adalah solusi yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s