15 extension Google Chrome Untuk Para Web Developer


Google Chrome merupakan web browser yang hebat dan merupakan salah satu pilihan bagi para web designer dan web developer. Dengan fitur Google Chrome extension, anda dapat menambahkan berbagai fitur-fitur yang dapat membantu anda mendesain, debug, dan bekerja di website. Berikut ini beberapa fitur Google Chrome extension untuk para desainer dan developer.

Firebug Lite (Untuk Google Chrome)

Firebug Lite (untuk Google Chrome) adalah extension yang mangaktifkan Firebug Lite pada web browser. Meskipun Developer Tools bawaan dari Chrome sendiri sudah memiliki fitur yang relatif sama dengan Firebug (atau bahkan lebih), namun pada pecinta Firebug tentu sangat menyukai extension ini untuk debug dan melakukan test pada hasil kerja mereka di Chrome.

Web Developer

Chris Pederick Web Developer toolbar adalah favorit para web desainer atau front-end web developer sudah sejak dulu. Dibuat awalnya untuk Firefox, kini telah dikembangkan untuk Chrome dengan tampilan yang lebih menarik.

Memiliki pilihan untuk mengenali dan menelaah layout pada sebuah website, termasuk menampilkan urutan tumpukan elemen block, menampilkan informasi CSS style tentang elemen didalamnya, kontrol browser cache dan masih banyak lagi.

Resolution Test

Resolution test adalah extension untuk melakukan pengetesan pada halaman web pada berbagai resolusi layar, dengan pilihan untuk menentukan resolusi anda sendiri. Ini sangat berguna untuk memastikan web desain anda tampil sempurna di berbagai layar monitor dan resolusi.

Pendule

Pendule melengkapi Developer tools bawaan dari Google Chrome. Extension ini memberikan user berbagai fitur seperti one-touch markup validation menggunakan W3C automated web service, menyembunyikan gambar pada halaman web, melihat script dalam halaman web dan masih banyak lagi.

Plain Clothes

Salah satu cara terbaik untuk mengevaluasi aksesibilitas sebuah halaman web adalah menghilangkan CSS style dan melihat bagaimana konten web akan ditampilkan. Extension ini mensimulasi pengalaman dimana seorang user tidak dapat melihat layar monitor dan harus bergantung pada markup pada halaman web untuk mengakses konten. PlainClothes melakukan hal ini dengan baik, menghilangkan semua CSS style pada halaman web. Meskipun dibuat utamanya untuk test dalam pembuatan website, anda dapat menggunakan extension ini untuk melihat halaman web tanpa perlu me-load style.

Image Cropper

Apabila anda ingin mengambil sebagian area dari sebuah halaman web, Image Cropper dapat mengerjakannya dengan mudah, hanya dengan drag mouse pada area yang anda ingin potong/drop dan akan langsung mengambil area pada web tersebut. Anda perlu ukurang pixel yang akurat? tools ini juag menampilkan dimensi dan lokasi area crop untuk membantu anda memperoleh ukuran yang tepat.

Lorem Ipsum Generator

Extension ini cukup menarik karena minimalis dan sederhana, dan yang baik adalah karena anda tidak perlu menggenerate Lorem Ipsum dengan rumit, karena Lorem Ipsum Generator membantu anda mengisi mock-up desain anda dengan dummy teks untuk tujuan presentasi.

IE Tab (Untuk Windows)

Dengan IE Tab anda dapat menghemat waktu untuk menggunakan Internet Explorer untuk mendebug dan merender hasil kerja anda.

jQuery Shell

Dengan jQuery Shell anda dapat menjalankan Javascript dan perintah jQuery dalam konteks halaman web yang sedang aktif. Ini adalah extension yang bagus untuk belajar dan bereksperimen dengan jQuery.

Color Picker

Extension yang satu ini melakukan hal sebagai berikut : mengambil Hex dan nilai RGB dari setiap warna di halaman web anda. Sangat membantu untuk menentukan warna website favorit anda tanpa perlu melakukan capture pada layar monitor dan memasukkannya pada Photoshop kemudian menggunakan eyedropper tool.

WebEdit

Dengan WebEdit extension, anda dapat melakukan editing terhadap halaman web apapun (perubahannya tentu saja tidak akan disimpan). Mengapa extension ini menjadi sangat berguna? Apabila anda membuat sebuah website dan ingin mengutak-atik elemen didalamnya tanpa melakukan perubahan signifikan pada kode, extension ini sangat membantu.

Chrome Sniffer

Apakah anda pernah penasaran apa teknologi, framework dan aplikasi open source yang digunakan oleh sebuah website? Para web developer yang telah berpengalaman dapat mencarinya dengan mempelajari source codenya, tetapi apabila anda ingin cara yang lebih nyaman dan cepat, anda dapat gunakan Chrome Sniffer. Chrome Sniffer melisting semua JavaScript framework/libraries (jQuery, MooTools, dan lainnya) dan CMS (Drupal, WordPress, Joomla, dan lainnya) yang digunakan oleh sebuah website.

Webpage Screenshot

Sebuah aplikasi umum bagi para web desainer untuk mengambil capture gambar sebuah halaman website. Dengan Webpage Screenshot anda dapat melakukan capture keseluruhan halaman web meskipun area web berada diluar tampilan web browser. Juga memberikan kesempatan untuk user me-resize window sebelum meng-capture dan menyimpan scree grab dalam bentuk file gambar PNG.

Eye Dropper

Eye Dropper merupakan extension Google Chromer yang memberikan kemampuan untuk menentukan sebuah warna pada halaman web manapun. Kelebihan lainnya adalah terdapat color wheel dan color swatches (ada di semua software grafis) jadi anda dapat bereksperimen, melakukan tweak dan mengambil warna.

SEO Site Tools

Halaman web yang tersusun dengan baik dengan menyajikan hasil dari berbagai statistik mesin pencari. Atau apabila anda ingin mengevaluasi dari website anda terhadap mesin pencari, anda bisa mencoba SEO Site Tools, sebuah extension yang memberikan tool yang sangat berguna dan fitur untuk mengevaluasi SEO. Memberikan on-page dan off page metric, social media informasi dan lainnya.

Tentunya ini sudah sangat membantu anda dalam mengembangkan website, silahkan mencoba mendevelop website dengan Google Chrome.

2 thoughts on “15 extension Google Chrome Untuk Para Web Developer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s