Quantum Broadband Network Sangat Aman dan Secara Teori Tidak Mungkin di Hack


Di dunia IT, tidak akan berguna berapapun banyak data yang dapat anda kirimkan, apabila anda tidak dapat mengirim secara aman. Kini peneliti Toshiba di UK telah menciptakan untuk pertama kalinya sebuah koneksi jaringan kecepatan tinggi yang secara teori tidak memungkinkan untuk di-hack, dengan menggunakan properti quantum dari data enkripsi photons yang dikirimkan melalui lebih dari 30 mil kabel optic.

Enkripsi Quantum melibatkan satu pihak dalam mengirimkan ‘key’ ke pihak lain yang ditanamkan dalam quantum properties dari sebuah photon string. Hukum dari mekanis quantum melindungi data ini, memastikan apabila ada pihak yang ingin meng-hack quantum key, maka key akan akan berubah dan permainan mereka akan tebuka jelas.

Meskipun konsep ini tidaklah baru, tetapi masih belum layak. Cara paling efisien untuk melalui quantum yang ter-encode secara bolak-balik adalah melalui udara, tetapi meskipun dengan upaya terbaik hanya mampu mengirimkan key dalam beberapa ratus meter. Toshiba sedang mencari cara untuk mengintegrasikan quantum broadband menjadi infrastruktur yang nyata dan dapat mentransmisi photon dengan jarak yang lebih jauh.

Tentunya, mengirim photon melalui fiber optic juga bukanlan sesuatu yang baru, tetapi terobosan Toshiba datang melalui sebuah photon detektor yang dapat mengambil photon secara individu pada panjang gelombang yang sulit terdeteksi yang membutuhkan jarak data transmisi yang panjang. Transfer rate pun cukup menjanjikan, 1 megabit/detik kecepatan data yang dicapai oleh tim sudah cukup cepat untuk melakukan streaming video.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s