Cara Menghapus File Jahat/Malicious File/ Harmful Process di Windows Dengan KillBox


Mungkin anda pernah mengalami atau suatu saat akan mengalami dimana anda tidak dapat menghapus sebuah file di Windows. Windows memberikan pesan error bahwa ‘file access denied’ atau ‘File in user’. Apabila anda tidak dapat menghapus file tersebut atau menghentikan proses bahkan setelah restart/booting sekalipun. Maka berikut ini beberapa langkah untuk menghapus file dan menghentikan proses pada Windows.

Cara menghentikan/mematikan proses pada Windows

  1. Untuk manampilkan Windows Task Manager, tekan CTRL+ALT+DEL atau CTRL+SHIFT+ESC. Anda dapat juga membuka dengan cara klik tombol Start – Run, kemudian ketik taskmgr dan tekan OK
  2. Klik pada tab Processes dan akan tampil semua proses yang sedang aktif. Temukan proses sesuai namanya. Pilih dengan mouse atau keyboard, dan klik tombol End Process untuk mematikan proses.

Atau anda juga dapat mencoba Sophos Antirootkit untuk menghapus malicious process.

Bagaimana menghapus sebuah file yang malicious atau file yang tidak dapat dihapus?

Untuk menghapus malicious file atau file-file yang tidak dapat dihapus, apabila anda mengetahui nama atau bagiannya, anda dapat menuju Start – Search – All Files and Folders dan ketik nama file atau bagiannya pada kolom pencarian. Tentukan lokasi pencarian pada bagian drop-down Look in. Klik tombol Search. Umumnya anda akan temukan file yang diinginkan pada hasil pencarian.

Tetapi banyak malware/file yang merusak menyembunyikan file mereka, tetapi meski demikian anda tetap dapat menampilkan file tersembunyi dan file sistem yang terlindungi. Untuk melakukannya, buka Windows Explorer, klik pada menu Tools, pilih Folder Options.Pilih tab View dan dibawah Advanced Settings, temukan pilihan Show hidden files and folders dan pilih itu. Kemudian hilangkan tanda cawang pada Hide protected operating system files (Recommended)

Namun cara yang paling baik untuk menampilkan file-file yang tersembunyi adalah dengan menjalankan command Prompt. Klik pada tombol Start – Run dan ketik cmd. Tekan enter atau klik pada tombol OK. Ketik pada dir /A dan tekan ENTER. Ini akan menampilkan list semua file, termasuk file yang tersembunyi yang berada pada folder tersebut ().

Apabila anda menemukan malicious file / file yang merusak, anda tinggal delete/hapus melalui Windows Explorer atau program penghapus file lainnya. Kemudian empty the Recycle bin. Apabila tedapat error message mengatakan bahwa file is in use and cannont be removed, coba matikan proses yang masih berjalan dengan menjalankan langkah-langkah seperti diatas(Cara menghentikan/mematikan proses pada Windows), dan kemudian hapus file tersebut. Tetapi seringkali beberapa proses (termasuk proses program jahat/merusak) akan berjalan kembali setelah anda matikan. Jadi anda perlu melakukan booting ulang/reboot pada PC dan menjalankan pada proses Windows Safe Mode. Pada Windows Safe Mode, banyak proses yang tidak diaktifkan, sehingga anda dapat menghapus file jahat tersebut karena file tersebut belum sempat diaktifkan.

Kemungkinan lainnya, apabila suatu saat tidak memungkinkan untuk menghapus malicious file meskipun melalui Safe Mode. Beberapa malware yang canggih menggunakan integrated rootkit dan teknik khusus agar dapat mengunci file-file dan mencegahnya untuk dapat dihapus. Dalam kasus ini, disarankan untuk menggunakan tools khusus untuk menghapusnya. KillBox adalah salah satu tool yang didesain khusus untuk menghentikan proses file yang jahat dan merusak (harmful and malicious processes) dan juga sekaligus menghapus malicious file dan folder yang berisi malware.

KillBox biasanya digunakan untuk menghapus file yang sedang aktif, apabila file sedang berjalan, maka KillBox akan menghentikan prosesnya (menutup file yang sedang berjalan) dan menghapus file tersebut. Anda dapat mendownload KillBox secara gratis. Software ini tidak memerlukan instalasi. Cukup dobel klik untuk menjalankannya.

  1. Ketik path/lokasi file yang ingin anda hapus. Anda dapat menggunakan browse untuk memilih folder/file atau Drag & Drop sebuah file dari Windows Explorer ke KillBox Combobox.
  2. Pilih Standard File Kill dan klik Delete File yang ditandai dengan palang merah.

Apabila KillBox gagal menghapus file, disarankan untuk mengulangi langkah diatas dengan menjalankan Windows pada versi Safe Mode. Apabila file tetap tidak dapat dihapus dalam Safe Mode, ulangi proses penghapusan file, tetapi saat ini pilih Delete on Reboot, kemudian restart komputer anda. Pocket KillBox akan menghapus file anda waktu sistem Windows anda start up.

Apabila saat membuka aplikasi KillBox anda mendapati pesan seperti Component ‘MsComCtl.ocx’ or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid.” maka download dan jalankan dulu missingfilesetup.exe (file dapat didownload dibawah ini), kemudian jalankan kembali KillBox.

Attachment Size
Attachment Size
missingfilesetup.exe 728.73 KB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s