PART 1: Bagaimana Mengatasi ‘Not Responding’ Program pada Windows?


Tutorial bagaimana mengatasi ‘Not Responding’ program error pada Windows.

Apabila anda telah menggunakan Windows, makan pasti pernah mengalami status ‘Not Responding’ untuk beberapa program. Anda dapat mendeteksinya dengan membuka pada windows Task Manager dan melihat pada task yang sedang aktif dan statusnya pada Tabs Aplikasi.

Apa yang dimaksud dengan ‘Not Responding’ status ini?Z

Apabila anda melihat ‘Not Responding‘ status pada title bar sebuah aplikasi yang sedang aktif, ini berarti program tersebut sedang mengalami problem. Di semua sistem operasi Windows, saat sebuah program not respoding dan tidak dapat dijalankan, artinya terdapat potensi bahwa terdapat problem saat berjalan di Windows.

Sekarang apabila anda penasaran apa yang menyebabkan sebuah program menjadi ‘Not Responding’, anda harus mengerti bahwa ini dapat disebabkan oleh barbagai macam hal. Sebagai contoh, program mungkin menjalankan proses berulang terus-menerus dikarenakan oleh prosedur windows request. Hal ini bisa disebabkan oleh pembuatan/peng-kodingan dari program tersebut yang kurang bagus. Atau juga bisa disebabkan oleh hardware yang terpasang pada PC misalnya driver. Beberapa hal bisa disebabkan oleh virus, spyware pada PC.

Bagaimana mengatasi Not Responding status pada program?

Apabila status ini dikarenakan problem pada program yang sedang berjalan, user dapat mencoba mematikan program melalui Task Manager pada Windows. Tetapi user mungkin tidak dapat selalu berhasil menghentikan proses ‘Not Responding’ ini. Anda dapat menggunakan peralatan yang dapat mematikan proses yang menyebabkan komputer anda hang, sehingga anda dapat menghindari prosedur ‘restart komputer’ (yang umumnya tidak baik) apabila anda menghadapi proses ‘Not Responding’.

Anda dapat menggunakan Process Assassin, yaitu sebuah program kecil yang dapat digunakan untuk mematikan program yang ‘Not Responding’ secara instant. Process Assassing dapat digunakan oleh user untuk memilih program yang not responding dan mematikannya secara langsung tanpa memanggil program luar.

Selain itu juga terdapat tombol untuk mematikan program-program yang sering digunakan windows. Sebagai contoh, pada Windows Tab terdapat tombol untuk menghentikan not responding windows process, kernel program dan application. Microsoft Office tab terdapat tombol untuk menghentikan setiap aplikasi office dan Web Browser tab untuk menghentikan Internet Explorer, Firefox, Chrome dan Safari yang not responding.

Untuk setiap program yang tidak terdapat pada tabs tersebut, cukup klik tombol Assassinate dan pilih program yang non-responsive untuk dimatikan atau dihentikan.

Process Assassin adalah program yang portable, tanpa perlu instalasi.

DOWNLOAD PROCESS ASSASSIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s