Rapid Downloader – Software Untuk Mendownload File di Rapidshare Dengan Cepat Dan Mudah


Anda yang sering mendownload file-file di Rapidshare file sharing, tentunya mengetahui betapa membosankan menunggu dan memproses file list download satu persatu, dan agar dapat menghindari proses ini anda harus membayar. Tentunya ini bukan solusi yang kita inginkan bukan? karena itu coba RapidDownloader, sebuah software Rapidshare download manager yang mirip dengan jDownloader. Tetapi yang membedakannya adalah RapidDownloader mmemfokuskan pada fungsi dan ukuran file yang kecil yang paling disuka oleh pada developer karena mereka lebih suka menggunakan interface berbasis teks.

Ukuran download RapidDownloader file hanya 12kb. Ukuran ini super kecil dibanding file-file di internet yang berukuran gigabyte dan terrrabyte. Anda dapat mendownload kurang dari 1 detik, dan kemudian meng-extract file menjadi 45kb dalam 1 folder, lebih besar namun masih tetap sangat kecil untuk ukuran program dengan kemampuan yang dimilikinya. Anda tinggal menggunakannya tanpa perlu ada instalasi.

Meskipun tanpa instalasi, bukan berarti tanpa ada setup. Terdapat beberapa hal yang anda perlu persiapkan sebelum menggunakan RapidDownloader.

Hal yang pertama adalah membaca Readme.txt, anda akan temukan beberapa informasi tentang aplikasi ini.

Kemudian, edit ‘Downloade.txt’. Taruh semua alamat file Rapidshare yang ingin anda download disana. Anda dapat memasukkan links secara satu persatu/perbaris, atau anda dapat memilih semua file dan teks yang anda temukan dalam sebuah forum, copy dan paste dalam Downloads.txt. RapidDownload dapat mengenali links tersebut walaupaun berada diantara kalimat.

Dengan semua links download telah siap, anda dapat memulai RapidDownloader. klik pada file ‘exe’, dan aplikasi akan terbuka dan teks window akan menampilkan ‘status updates’. Anda dapat meminimize aplikasi dan meninggalkannya. Aplikasi ini akan tersembunyi di taskbar dan bekerja di dalam sistem komputer, mendownload file satu persatu, menunggu dan mencoba download ulang apabila diperlukan. Semua file yang didownload akan tersimpan dalam folder ‘Downloads’ di folder aplikasi RapidDownloader. Aplikasi ini juga akan membuat ‘history.dat’ untuk merekam semua history download file, jadi bisa menghindari download file berulangkali. dan ‘error.txt’ untuk merekam semua error.

Pengaturan lebih lanjut

Meskipun semua bekerja dengan baik, RapidDownloader memberikan kemungkian untuk dimodifikasi/tweaking. Pertama adalah merubah IP. Terdapat sebuah file yang dinamakan ‘IP_changer.bat’ yang dapat anda edit menggunakan Notepad. Fungsinya adalah untuk melewati prosedur waiting time di Rapidshare bagi user yang menggunakan Rapidshare secara gratis. Anda dapat mengubah IP dan melanjutkan download file berikutnya dengan IP yang baru dan melewati waiting time. Terdapat beberapa jalan untuk dapat merubah IP menggunakan ‘IP_changer.bat’. Apabila anda mengetahui prosedur command line proxy switcher, anda dapat memasukkannya disini. Atau anda dapat mencoba kode yang telah tertulis pada file dengan menghapus kata ‘REM’ (sans quote) di depan dari tiga baris terakhir pada teks.

Kemudian, konfigurasinya. Buka file ‘RapidDownloader.ini’ menggunakan Notepad dan edit yang ingin anda customize. ANda dapat mengatur download location dengan menuliskan path setelah perintah ‘DownloadeFolderPath=’. Waiting time setelah menjalankan IP Changer juga dapat diatur berapa detik yang anda inginkan. Untuk mengaktifkan perintah lainnya, ubah ‘0’ setelah tanda sama dengan  dengan ‘1’

Dan akhirnya, perintah terakhir. Apabila anda ingin menjalankan sesuatu setelah semua downloade selesai, tuliskan perintah disini. Seperti menscan file dari virus, atau menampilkan notifikasi bahwa download telah selesai, itu dapat dilakukan apabila anda menguasai perintah command line.

Download RapidDownloader

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s