Tools Baru Dari Google Untuk Membantu Mengoptimalisasi Load Time Website


Para web developer di Google mengetahui pasti bahwa sebagus apapun desain suatu website, tidak akan berarti apabila lambat dibuka. Untuk membantuk mengoptimalkan halaman web, Google memperkenalkan fitur baru di Labs pada Google Webmaster Tools yang didesain untuk melakukan track pada load speed page. Site Performance Tools ini merupakan menjadi salah satu bagian dari tracking dan stats tool, dan juga menjadi salah satu bagian dari Firefox add-on.

Tracking dan stats dapat diakses melalui Labs menu di Google Webmaster Tools. Untuk mendapat life profiling add-on, anda harus menggunakan Firefox dan memiliki telah terinstal Firebug add-on. Kalau anda sudah mengetahui YSlow add-on, ini hampir sama fungsinya. Google Page Speed add-on menginjeksi beberapa extra profilling tools pada Firebug Panel. Hari-hari ini, hampir setiap orang memiliki blog atau website yang dikembangkan. Sistem publikasi yang populer seperti WordPress, Movable Type dan Blogger melakukan tugas optimalisasi agar web anda tetap ringan, tatepi apabila anda menggunakan themes yang rumit dan menambahkan berbagai widget, halaman web anda akan lambat dibuka. Google tools, bersama tools serupa seperti Yahoo YSlow, merupakan tools yang powerful dengan fitur yang lengkap serta wajib untuk setiap pengelola web dengan traffic tinggi. Tools ini mudah diinstall dan digunakan bahkan oleh blogger sekalipun, sehingga pengelola web dapat melihat data website mereka.

Untuk mendapatkan tools ini, instal dulu Firebug add-on kemudian ke Page Speed. Setelah terinstall, buka web anda, klik pada Firebug icon kemudian lihat pada tabs baru : Page Speed dan Page Speed Activity

Klik pada Page Speed serta jalankan tool dan anda akan mendapat list potensi untuk optimasi kecepatan. Seperti contoh apakah anda telah menggunakan gambar yang terkompresi? Apakah Javascript dan CSS anda telah di minify. Bagian yang sanagt efektif adalah Page Speed menawarkan links untuk melakukan minify dan mengkompress file-file anda.

Jadi apa yang dimiliki tools Google yang tidak dimiliki oleh Yahoo YSlow? pasti ada kurang lebihnya, tetapi Page Speeddari fitur dan kelengkapannya, merupakan tools yang wajib dimiliki. Sebagai contoh CSS profiling menganalisa kompleksitas dari selector, mempersingkat, dengan Google Page Speed tools anda akan mendapat saran optimasi.

Meskipun beberapa tools masih terdapat kesamaan dengan YSlow, tetapi ada yang cukup menarik disini, sebagai contoh, list dari external images dan files lebih mudah dilihat pada Google tools, serta penjelasan mengenai links detail juga lebih enak .Meskipun beberapa tools merupakan duplicate dengan YSlow, tetapi untuk anda yang peduli dengan optimasi web dan kecepatan load page pada web, Google tools ini wajib anda manfaatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s