Mozilla Firefox 4.0 Akan Tampil Baru di Tahun 2010


Rencana ‘tombol App’ untuk menggantikan menu, meminjam dari konsep Windows 7, Office

Mozilla beberapa hari lalu mengatakan bahwa berencana untuk mendesain ulang tampilan Firefox yang akan diarahkan pada Firefox 4.0, rilis utama yang sedang dirancang akan rilis sebelum akhir 2010. Sebelumnya Mozilla berkata akan mendesain ulang tampilan open source browsernya dalam dua tahap, dengan bagian desain ulang dimulai pada Firefox 3.7 — perubahan kecil akan dijadwalkan akhir kuartal pertama pada tahun depan — dan sisanya akan dilanjutkan pada Firefox versi 4.0.

Tampilan Mozilla, terutama Firefox untuk Windows, menarik perhatian karena perusahaan ini pada akhir September kemarin menyatakan bahwa hal ini akan “ribbonize” the browser dengan meminjam konsep grafis dari Microsoft Windows 7 dan Office 2007. User mengecam ide ini. Kemudian, Mozilla mengklarifikasi niatannya tersebut, dengan mengatakan bahwa meskipun akan menghilangkan frame menu tradisional di atas, namun tidak akan secara keseluruhan mengadopsi browser menjadi grafis dari Office 2007.

Rencana terbaru dari Mozilla untuk Firefox 4.0 berpusat pada sebuah aplikasi yang disebut “App Button” yang akan mengambil alih menu-menu yang selama ini selalu muncul pada aplikasi Windows, demikian penuturan Stephen Horlander, designer dan kontributor senior untuk Firefox interface. Di blognya yang membahas tentang penggunaan single-button, Horlander berkata bahwa bahwa App Button akan menggantikan ide dari konsep dual-button —satunya disebut “Pages” dan yang lain disebut “Tools” — yang dulu sempat jadi perhatian oleh Mozilla. Dia mengakui bahwa App Button, seperti pembicaraan “ribonizing” Firefox, adalah meminjam dari Microsoft. App button yang baru akan mirip dengan konsep single menu yang digunakan aplikasi bawaan Windows 7 seperti Paint dan WordPad, dan oleh Microsoft Office, demikian ujar Horlander.

App Button – yang akan tampil pada kiri atas Firefox windows, akan menjadikan tampilan lebih kompak, menyatukan semua perintah menu dalam satu area, dan mengurangi kerumitan. Forefox 4.0 juga akan memberikan user sebuah pilihan dalam memindahkan tabs browser di sisi atas aplikasi, yang disebut tampilan “tab-on-top” yang juga telah diadopsi oleh Google Chrome.

Browser Mozilla tidak akan, bagaimanapun juga, mengkombinasikan search bar dengan address bar–kata-kata dimana URL diketikkan atau ditampilkan–seperti yang dilakukan Chrome. “Dengan LocationBar berisi penambahan jumlah  fungsi, ini mungkin yang terbaik untuk membedakan diantara dua hal ini” ucap Horlander, merujuk pada nama Mozilla untuk address bar. Horlander memposting beberapa screenshots dari desain ide tampilan antar muka Firefox 4.0 pada blognya, termasuk perbandingan secara langsung diantara tampilan setelah perbaikan dan kondisi saat ini untuk Firefox 3.5.

Reaksi para pengguna, sebagaimana dinilai oleh lebih dari 100 komentar pada blog Horlander sejak beberapa hari lalu, umumnya adalah posistif. Sebagian besar kritik data dari pengguna dengan apa yang mereka lihat sebagai “Chromifying” Firefox, yang mana browser Mozilla terlalu cemas dan berusaha mengkopi tampilan Google Chrome. “Firefox seharusnya berhati-hati dan tidak hanya mengejar Google secara berlebihan” ucap seorang pengguna dengan identitas”Woody” pada kolom komentar di blog Horlander. “Chrome adalah Chrome, Firefox seharusnya tidak mencoba mengejar ketinggalan.. mereka harus tetap inovatif”

“Mencoba mengkopi ide dari Microsoft Office dan Google Chrome akan menjadi sebuah kesalahan besar” demikian peringatan dari pengguna lain.

Orang-orang yang tidak merasa nyaman dengan perubahan akan dapat mengembalikan ke menu bar yang lebih familiar, janji Horlander.

Sesuai dengan jadwal yang baru dipublikasikan, Mozilla akan mengirimkan tinjauan ke publik untuk Forefox 4.0 pada Juni 2010, dan kode final di kuartal ke empat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s