15 SEO Tools Terbaik Untuk Optimalisasi Traffic Website Anda


Menurut hasil review dari SocialSEO, terdapat 15 SEO tools online yang sangat efektif sebagai berikut :

  1. Ranking Checker oleh SEOmoz.com Dengan perangkat SEO ini anda dapat melakukan pengecekan ranking website anda secara gratis hingga 5 keyword per hari, serta menyimpan hasil pencariannya dalam arsip anda. Anda cukup register pada SEOmoz. Hal yang paling utama adalah anda dapat mendownload arsip ranking dalam bentuk CVS. Ketika anda menginstall ‘browser button’ maka akan secara otomatis meng-copy URL dari halaman yang anda kunjungi untuk dapat mengecheck ranking secara lebih cepat. Dengan batas hingga 5 keyword per hari, anda dapat melakukan pengecekan secara gratis kurang lebih 150 keyword dalam sebulan.
  2. MultiRank checker oleh iWebtool.com
    Apabila anda tertarik untuk melakukan pengecekan Google Page Rank dan Alexa Rank untuk salah satu customer anda, serta secara langsung melihat 9 kompetitor lainnya. Anda memiliki 2 pilihan:
    1) Melakukannya secara manual dengan mencari data informasi satu persatu atau
    2) Secara langsung masukkan 10 nama domain tersebut ke Multirank Checker dan meng-copy paste tabel hasilnya. Ini lebih mudah dan mempersingkat waktu anda untuk mengumpulkan data analisis kompetitor.
  3. Fiddler Web Debugging Tool oleh Fiddlertool.com
    Fiddler dapat menganalisa latar belakang komunikasi diantara web browser dan server. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Saat ini Fiddler hanya ada di sistem operasi Windows dan membutuhkan .NET Framework untuk menjalankannya. Untuk seorang SEO profesional, tentunya anda membutuhkan web debugging tool seperti ini.
  4. SEO Analyzer oleh Sitening.com
    SEO Analyzer adalah aplikasi yang bagus untuk memulai usaha optimisasi. Ini sebuah laporan yang memberikan detail list komponen SEO yang mungkin dibutuhkan dan dikerjakan dalam website. Bagian yang menarik disini adalah aplikasi ini menyimpan copy dari laporan anda yang lalu dan anda dapat mendownloadnya dalam format PDF. Tools ini bukanlah ditujukan untuk memberikan laporan analisis SEO yang komplit. Antar muka yang disediakan sangat ramah dan memberikan skor yang dapat anda gunakan untuk jadi patokan seberapa perlu optimasi web anda.
  5. Strongest Subpages Tool oleh WeBuildPages.com
    Dengan aplikasi ini, anda dapat mengorganisir halaman yang paling mendominasi dari sebuah website. Ini penting karena dengan melihat hasilnya, anda dapat dengan mudah memutuskan halaman mana yang memiliki jumlah ‘inbound links’ terbanyak. Tool ini sangat berguna untuk webmaster yang mencari halaman utama dari kompetitor, setidaknya dengan menggunakan aplikasi ini pada kompetitor, kita akan mendapat ide-ide kreatif untuk membangun link promosi melalui penambahan konten web.
  6. Backlink Checker oleh WeBuildPages.com
    Setiap SEO membutuhkan aplikasi untuk mengecek backlink. Tool pengecek backlink ini gratis dan sangat berguna apabila anda membutuhkan langkah awal dalam membangun link. Anda juga dapat menganalisa backlink kompetitor seperti anda mengecek backlink web anda menggunakan Neat-O tool.
  7. Firefox Web Developer Extension oleh Chris Pederick
    Firefox kini menjadi salah satu web browser yang paling fleksibel. Apabila anda menginstall Web Developer extension, Firefox akan menjadi SEO tool yang sangat efektif. Anda dapat dengan mudah menghapus cascading style (CSS) secara inline, external atau keduanya. anda dapat melihat sekila external links sebuat halaman, atau anda dapat juga menghapus semua komponen javascript. Bagian yang paling menarik dari extension ini adalah anda dapat menambhakan SEO tool anda sendiri pada menu (online maupun desktop).
  8. SEO for Firefox oleh SEOBook.com
    Tidak ada tool diluar sana yang dapat memberikan jumlah informasi seperti tool ini berikan dari mulai halaman yang dikunjungi atau mesin pencari. Sempurna untuk menganalisa kompetitor dengan cepat. Tool ini memberikan info PageRank, data cache, usia domain, backlink di Yahoo, jumlah .edu link, jumlah halaman cache dan masih banyak lagi data statistik yang diberikan hanya dengan sekali klik. Fitur yang paling menakjubkan adalah anda dapat meng-export informasi secara langsung dari SERP ke CVS.
  9. Google Analytics / Google Webmaster Console oleh Google.com
    Berdasar Urchin, Google Analytics adalah analytic tool yang terbaik yang pernah dibuat. Analytic tool ini dapat memberikan laporan detail tentang jumlah kunjungan, pola perilaku, kunjungan ke konten, informasi funnel dan masih banyak lagi. Sementara itu Webmaster Console tool memberikan anda petunjuk apa yang dilihat oleh Goole pada website anda, seperti didalamnya : crawling rate, backlinks, pagerank tertinggi pada web anda dan masih banyak lagi. Tool ini merupakan perangkat dasar dan wajib  bagi search engine marketing, tetapi harap waspada, karena dengan menggunakan tool ini anda memberikan Google hak akses atas data web anda.
  10. Keyword Selector Tool oleh Overture.com
    Tool ini salah satu dari keyword tools yang pertama tersedia bagi para webmaster. Ini masih sangat berguna dan masih gratis. Banyak keyword tools yang dibuat beberapa tahun terakhir ini berbasis pada Keyword Selector tool. Apabila anda menggunakan ini dengan dukungan Google Keyword Tool anda akan memperoleh hasil yang sangat efektif.
  11. XENU’s Link Sleuth oleh Tilman Hausherr
    XENU salah satu tool yang dapat didownload gratis dan anda dapat menggunakannya secara personal. Tool ini pada dasarnya adalah spider. Menggunakan spider sangatlah penting bagi SEO anda. Menggunakan tool ini maka anda dapat menentukan apakah sebuat site memiliki loop tanpa akhir, link yang rusak, deteksi redirect dan banyak lagi lainnya.
  12. Xinu BETA oleh Miguel Camps Orteza
    Namanya mungkin mirip dengan XENU, tapi sebenarnya ini adalah tool yang berbeda. SEO tool ini memberikan detail statistik tentang suatu site termasuk ranking, sindikasi, social bookmarking, validasi, index, backlink dari beberapa mesin pencari utama, semua dalam 1 halaman. Dan ini semua adalah open source, jadi anda dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis pada web server anda.
  13. Keyword Density dan Prominence Tool by Ranks.nl
    Dengan tool ini anda dapat meng-crawl sebuah halaman web dan menganalisa tentang keyword, tidak hanya pada halaman konten, tetapi juga tag.
  14. Visual PageRank oleh iWebTool.com
    Dengan tool ini anda dapat mengecek page rank secara visual. Setiap web page akan ditampilkan page rank dengan bagus.
  15. GeoTargeting Detection Tool oleh SEOmoz.com
    Dengan tool ini akan membantu anda menentukan optimalisasi sebuat website untuk pencarian berdasarkan negara yang spesifik. SEO sangat bernilai untuk beberapa industri apabila dioptimalisasi berbasis geografis.

Semoga berhasil dengan optimization website anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s