engapa Seorang Web Developer Harus Memiliki Kemampuan Photoshop


Anda yang bekerja sebagai web developer dan sehari-hari berkutat dengan code pemrogramman, tentu menganggap desain bukanlah bagian anda, dan seringkali seorang web developer mengabaikan desain. Tetapi tidak ada salahnya kita membahas hal ini, karena mungkin bermanfaat bagi anda programmer / web developer yang kurang berminat dengan desain. Berikut alasan mengapa desain diperlukan bagi anda para web developer:

Website yang efektif didesain dengan code yang efektif dalam pemikiran.

Web designer yang juga mencoding desainnya sendiri, memiliki potensi menjadi desainer yang lebih baik dalam banyak hal. Berikut alasannya : lebih unggul  dalam SEO, usability dan kecepatan loading website.

Meskipun masih banyak web desainer yang tidak mempraktekkan HTML dan CSS.

Sering terjadi, apabila kita menerima web desain yang sudah siap pakai yang membutuhkan beberapa perubahan sebelum di-slice. Tentunya kita dapat melakukan slicing dan mencode sendiri akan menjadi sebuah website tidak hanya bagus, namun juga efektif.

Mendapat hasil sesuai yang anda harapkan

Apabila web desainer bekerja secara langsung dengan client, maka kita akan mendapat hasil final berupa file PSD untuk di-slice, tetapi meskipun demikian, seringkali butuh beberapa modifikasi sebelum dilakukan proses coding, dengan mengerjakan tugas ini sendiri akan memperoleh hasil lebih cepat dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Alasan ini bukan karena kita takut mengganggu desainer dengan tambahan tugas untuk revisi, meskipun sebenarnya kita bisa saja meminta perubahan warna background atau membuat menu lebih kecil.

Tetapi waktu yang dihabiskan untuk menjelaskan apa yang anda inginkan, dan menunggu sampai mereka merubah sesuai dengan keinginan kita dapat dihindari dengan mengerjakan sendiri perubahan-perubahan kecil tersebut, apabila anda memiliki kemampuan ini, mungkin hanya perlu beberapa menit.

Tidak ada web desainer

Yang dimaksud disini adalah, tidak ada web desainer bagi anda, karena :

  1. Tugas anda adalah memodifikasi website yang sedang online yang sudah didesain oleh seseorang yang dibayar oleh client anda, dan orang ini tidak ada untuk melayani anda.
  2. Client anda menginginkan website berbasis sebuah template yang mereka temukan di web.

Dalam dua kasus diatas, anda tentu tidak ingin menemui problem hanya karena permasalahan kecil seperti mengubah ukuran logo perusahaan agar dapat dipasang di template web, atau membuat backgroun icon RSS menjadi transparan dan menyimpan dalam format PNG.

Meningkatkan komunikasi antara anda dan desainer

Saat belajar Photoshop, anda akan lebih terbiasa dengan perangkat yang biasa digunakan oleh para web desainer. Pengetahuan ini akan menjadi sangat berguna apabila anda bekerja bersama web desainer sehari-harinya, karena akan membantu anda lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh desainer dan pertanyaan apa saja yang ingin anda tanyakan.

Dengan membuka pikiran anda lebih lebar, anda akan lebih memiliki kemapuan dan fleksibilitas. Dan dengan ini, anda semakin memiliki perbandingan mana saja desain yang bagus dan mana yang kurang. Anda mulai mengerti permasalahan desain seperti konsistensi lebar website, bentuk dan alignment dan tema warna, dan sebagainya.

Seperti sebagian besar aplikasi lainnya, Photoshop dapat dipelajari dari mencobanya berkali-kali dan merupakan aplikasi web yang sangat baik. Terdapat begitu banyak tutorial di web yang dapat menjadi guru yang baik untuk mengajar Photoshop.

Dan apabila anda telah menguasai Photoshop, siapa tahu anda akan lebih tertarik menjadi seorang web desainer suatu saat nanti?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s