Tips Membuat Partisi Terenkripsi Password Pada USB Disk


USB Disk atau USB Stick adalah alat yang sering anda bawa kemana-mana. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa, juga berfungsi menyimpan data dalam kapasitas cukup besar. Beberapa orang sering menggunakannya untuk share data dengan teman dan orang lain. Karena anda sering membawanya, cukup tinggi resiko seseorang mengakses data penting anda, yang bahkan nilainya mungkin jauh lebih berharga dari USB itu sendiri apabila anda kehilangan atau lupa menaruh dimana. Bagaimana mencegah hal ini?

Berikut ini kita bahas sebuah software/tool yang dinamakan Rohos Mini Drive yang dapat membuat partisi secara tersembunyi di USB flash drive memory. Ini adalah aplikasi yang portable dan tidak membutuhkan instalasi apapun pada komputer teman anda atau siapapun apabila ingin mengakses data file di partisi ini, karena ini terdapat langsung di dalam USB stick. Pengakses partisi cukup mengetahui password dari partisi yang terenkripsi di USB memory stick.

Partisi yang anda ciptakan dengan Rohos Mini Drive tidak tampil secara langsung apabila USB Drive dipasang di USB drive. Partisi ini tersembunyi dan hanya apabila anda menjalankan aplikasi Rohos (yang terdapat di USB Drive) dan mengisi password yang benar, maka partisi yang tersembunyi akan ditampilkan. Rohos Mini Drive tidak membutuhkan hak akses untuk menjalankannya. Ini terbukti sangat bermanfaat, saat anda ingin mengakses data rahasi di flash drive memory dengan menggunakan komputer yang mana anda tidak memiliki hak administrasi.

Fitur dari Rohos Mini Drive

  • Menciptakan virtual encrypted partition (disk) didalam sebuah USB flash drive
  • Secara otomatis mendeteksi konfigurasi USB Drive dan menciptakan partisi yang terenkripsi.
  • Portable Application sehingga anda dapat bekerja dengan partisi yang terenkripsi pada guest computer tanpa hak Admin. Anda dapat mengaktifkannya secara langsung dari USB Drive.
  • Partisi yang terenkripsi terlindungi oleh password.
  • Enkripsi secara otomatis dan langsung.
  • Algoritma enkripsi : AES 256 bit key length. Menggunakan NIST compliant encryption standard.
  • Virtual keyboard – untuk melindungi data password anda dari keylogger.
  • Autorun Folder. Shortcut yang dapat secara otomatis menjalankan atau membuka koneksi disk.
  • File Virtualization – Membuka file di PC tanpa hak admin melalui Rohos Disk Browser di aplikasi yang tersedia tanpa perlu men-decrypt telebih dulu di temporary folder.
  • Limit encryption partition adalah 2GB

Program Rohos Mini Drive tidak menciptakan partisi secara real pada USB Flash Drive. Jadi saat anda memasukkan USB drive pada USB port, hanya satu huruf drive yang akan tampil di Windows. Drive kedua (drive yang terenkripsi) akan tampil hanya saat anda mengaktifkannya dengan memasukkan password.

Bagaimana menginstall Rohos Mini Drive

Meskipun Rohos Mini Drive adalah aplikasi portable, dan tidak memerlukan hak administrasi untuk menggunakannya di flash stick, langkah awal untuk menciptakan password USB drive ter-enkripsi membutuhkan instalasi dan menjalankan aplikasi pada PC anda. Ini membutuhkan hak administrator.

  • Download Rohos Mini Drive.
  • Dobel-klik file yang telah didownload dan jalankan.
  • Pilih bahasa yang anda ingin gunakan. Tersedia bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Italia dan Portugis.
  • Lanjutkan langkah-langkah sesuai instruksi instalasi.

Bagaimana menciptakan partisi usb yang memiliki password yang terenkripsi?

Setelah menginstall Rohos Mini Drive pada PC, anda dapat melanjukan menciptakan partisi usb yang memiliki password yang terenkripsi dengan mengikuti langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi Rohos Mini Drive dari shortcut icon pada desktop anda atau dari Start menu.

  • Pada halaman Rohos Mini Drive, klik “Setup USB Key”
  • Rohos Mini Drive akan mendeteksi USB key dan menjalankan halaman “Setup USB key” ini adalah langkah default apabila hanya satu USB drive, namun apabila anda memiliki beberapa USB stick yang terpasang pada beberapa USB drive, anda dapat secara manual menentukan mana USB drive yang akan diproses dengan meng-klik Change terhadap “USB Device has been found”Aplikasi secara default menggunakan partisi disk dengan ukuran 500 Megabytes, huruf disk (misalnya F:), file system (NTFS) dan algoritma yang terenkripsi. Anda dapat merubah ini pada halaman “Disk Details”, yang muncul apabila anda meng-klik Change terhapda “Partition Image File”. juga pastikan image file terciptar pada USB stick (sebagai contoh drive G). Klik “OK” pada halaman “Disk Details”, setelah melakukan perubahan yang diiinginkan, apabila diperlukan.

  • Pada halaman “Setup USB key”, masukkan password yang unik untuk mengakses disk dan akhirnya klik “Create Disk”.

  • Rohos Mini Drive akan memulai menciptakan volume disk yang terenkripsi pada USB stick anda. Biasanya proses ini memakan waktu agak lama.

Setelah selesai, anda telah menciptakan dan memiliki partisi dengan password terenkripsi pada flash stick anda. Anda dapat mengakses partisi drive yang telah diciptakan di USB stick dengan menggunakan windows explorer dan anda dapat mulai menyimpan semua data rahasia anda disana, pada partisi yang tersembunyi, serta menginstall semua aplikasi portable anda.

Untuk mengakses encrypted volume pada PC lain (misalnya komputer di tempat umum), Anda dapat mengakses USB drive menggunakan windows explorer, anda anda dapat melihat icon Rohos Mini Application . Dobel-klik dan masukkan password anda, dan anda dapat mengakses semua dapat anda maupun aplikasi portable yang anda simpan disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s