Tips Mematikan dan Menghapus Data Smartphone Anda Dari Jarak Jauh/Remote


Sebagian besar smartphone masa kini dapat dihapus secara remote apabila terjadi dicuri atau hilang. Berikut caranya.

Sebuah handset mungkin berharga, tetapi dapat anda ganti dengan mudah, tetapi data didalamnya, tentu anda tahu bahwa itu yang paling penting dan berharga. Ponsel modern kini menyimpan berbagai data pribadi, dan informasi bisnis, dan bagaimana mencegah data tersebut jatuh ke tangan yang salah adalah kunci penting.

Mungkin alamat dan nomor telepon tidak terlalu penting bagi penemu telephone genggam anda, tetapi bagaimana apabila data anda berupa password bank online, dokumen perusahaan dan akses VPN, karena itu sekarang smartphone sudah menyediakan fungsi mematikan mobile phone dan menghapus data secara remote/jarak jauh. Dengan fungsi ‘remote wipe’ akan menghapus secara jarak jauh data telepon genggam anda apabila hilang atau dicuri seseorang.

Sebagian besar smartphone telah memiliki fitur ‘remote erase’. Ada beberapa cara untuk menjalankannya, seperti menginstal aplikasi pada telepon genggam, menggunakan ‘management console’ pada sisi IT atau register pada layanan online di internet. Dari beberapa platform yang anda bisa gunakan, mungkin salah satunya akan cocok untuk kebutuhan anda.

Tetapi meskipun benyak cara untuk menghapus atau mematikan, cara-cara tersebut belum tentu dapat berjalan sempurna. Apabila seseorang menemukan telepon genggam sebelum proses ‘remote wipe’ dijalankan, misalnya baterai yang sedang habis, atau tidak ada sinyal yang dapat menjalankan perintah penghapusan data, maka pencuri atau mereka yang menemukan akan dapat menonaktifkan/disable koneksi dan kemudian melakukan hack pada perangkat telepon genggam. Jadi sebagai solusi terbaik adalah, proses secepat mungkin apabila anda mengetahui telepon anda hilang, di waktu yang sama anda juga segera mengontak bank/credit card/berbagai instansi untuk segera menonaktifkan/membekukan akses.

Apple iPhone

Apple MobileMe menawarkan layanan berlangganan $99 per tahun untuk push e-mail, kontak dan kalender pada iPhone. Tetapi pada Maret kemarin diluncurkan satu fitur kunci untuk menghapus data secara remote bagi user yang kehilangan iPhone Fitur ‘remote wipe’ ini dapat diakses di Account -> Find My iPhone -> Remote Wipe. Atau dapat menampilkan pesan pada layar telepon seperti “harap menghubungi Jamie pada nomore 718-555-1212 apabila menemukan”

Palm Pre

Semua pemilik Palm Pre mendaftar Palm Profile saat pertama aktivasi perangkat mobile mereka. Dengan Palm Profile, user dapat membackup setting, menerima update secara langsung, atau menghapus secara remote data-data yang ada di telepon apabila dicuri atau hilang. Untuk memulainya, dapat ke palm.com/palmprofile, masukkan profile, alamat email dan password, dan klik Erase Deveice. (untuk informasi lebih lengkap bisa membaca detail instruksi Palm). Sebagai tambahan, Palm Exchange ActiveSync implementasi pada webOS1.1 kini mendukung Remote Wipe, untuk admin IT melakukan hal yang sama.

Blackberry OS

Setiap handset BlackBerry Enterprise Server (BES) dapat dihapus secara remote menggunakan Erase Data and Disable Handheld IT administration command, melalui jaringan wireless. Admin IT dapat juga menetapkan handset untuk dikembalikan pada setting awal. Pengguna individu dengan BES dapat menginstall Roblock for Blackberry 2.0, sebuah aplikasi seharga $9.95 yang dapat mengunci secara remote/jarak jauh atau menghapus data pada handset, memberikan fasilitas tracking melalui GPS dan mengembalikan data kontak yang hilang.

Android OS

SMobile Anti-Theft for Android adalah aplikasi seharga $19.95 dengan fitur GPS lokasi dan fungsi remote wipe untuk T-Mobile G1, T-Mobile myTouch 3G dan smartphone Android lainnya. Aplikasi ini dapat menghapus data handset maupun data SD card didalamnya. Untuk $29.95 Security Shield for Android, anda akan mendapat proteksi terhadap virus dan malware, tetapi hingga kini masih belum terlalu dibutuhkan.

Windows Mobile

Layanan Microsoft yang baru, My Phone Windows Mobile, saat ini masih versi beta, user dapat melacak lokasi handheld yang hilang melalui GPS dan menghapus data secara remote. Juga dapat membackup kontak, foto, teks sms dan data entri kalender pada media penyimpan online Microsoft. My Phone (Beta) kompatibel dengan semua Windows Mobile 6.0 handheld.

Microsoft Exchange Server dapat menangani tugas yang sama untuk perangkat enterprise, dengan Absolute Software Computrace Mobile yang mana dapat mengatu perangkat enterprise berbasis Windows Mobile atau Blackberry dan permasalahan seputar perintah remote wipe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s