Pertanyaan : Apa Cara Paling Aman dan Murah Untuk Mem-backup Data Komputer Saya?


Ketika berhubungan dengan menjaga data anda, tidak ada kata berlebihan. Anda pasti akan mencari cara yang paling aman dari berbagai pilihan yang tersedia. Untungnya, kebanyakan cara yang tersedia cukup murah atau bahkan gratis.

Kita mulai dengan memanfaatkan komputer lain di tempat anda. Microsoft Live Sync Tool yang dapat anda gunakan secara gratis akan mensinkronisasi folder yang anda pilih di sistem anda, secara otomatis atau apabila dibutuhkan, dengan komputer lain yang anda miliki. Berikutnya, tempatkan juga data tersebut di tempat online yang aman. Layanan backup seperti Carbonite dan MozyHome menyediakan media penyimpanan tanpa batas, dan aman dengan biaya sekitar $55 per tahun. Cukup pilih data yang anda ingin amankan, dan lanjutkan kegiatan anda sehari-hari, software ini akan bekerja di belakang sistem yang akan secara terus menerus menjaga versi backup up-to-date.

AKhirnya, anda sebaiknya perlu menyediakan external hard-drive yang setidaknya sebesar hard-drive di PC anda (kini telah ada hard-drive sebesar 1 terrabyte dengan harga kurang dari $100). Kemudian pasang aplikasi backup seperti Macrium Reflect Free Edition, yang akan melakukan prosedur backup full-system dan anda dapat pula melakukan prosedur restore apabila suatu saat terjadi kerusakan. Anda dapat mengatur jadwal program untuk berjalan secara teratur sesuai pengaturan anda, atau apabila anda secara konstan melakukan update data, anda dapat menjalankannya secara manual setiap saat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s