15 Tempat Untuk Melakukan Cross-Browser Testing (Web Browser Test)


Bowser testing merupakan salah satu bagian dari desain dan proses development yang sangat diperlukan walaupun tidak begitu menyenangkan. Dengan begitu banyak jumlah web browser dan sistem operasi yang tersedia, proses testing ini cukup memakan waktu yang lama untuk melihat tampilan website anda dengan berbagai jenis web browser yang dimiliki pengunjung anda. Terdapat beberapa tools yang dapat memabntu anda melakukan pengetesan web browser, berikut diantaranya:

Adobe BrowserLab adalah perangkan yang gratis disediakan bagi anda untuk melihat berbagai tampilan web browser di Windows XP atau Mac OS X (anda perlu memiliki akun di Adobe). Setelah anda memilih browser dan sistem operasi, kemudian masukkan URL untuk melihat hasilnya. Anda dapat melihat semua secara langsung atau satu persatu dari 2 web browser

BrowserShots adalah aplikasi gratis yang sudah terkenal untuk memperoleh screenshot dari berbagai web browser dan sistem operasi. Masukkan alamat URL dan tunggu beberapa menit (atau lebih lama) dan screenshot web anda akan ditampilkan. Prioritas pemrosesan juga tersedia yang akan memotong waktu tunggu dan anda dapat memperoleh screenshot sebanyak yang anda inginkan dengan harga $29.95 per bulan.

Litmus memproduksi screenshot dari berbagai web browser di Windows atau Mac OS X, dan juga fitur untuk bug tracking dan testing private lines. Litmus juga menyertakan fitur untuk mengetest email dengan berbagai macam email client. Untuk versi gratis terdapat batasa, dan untuk versi berbayar anda bisa mulai dengan $39 untuk 14 hari.

Browsera sedikit berbeda dengan beberapa website di review kita ini karena browsera menjalankan laporan dan mengirimkan detail kepada anda. Mendeteksi perbedaan sebuah website yang diproses di web browser untuk memudahkan dalam melakukan testing. Browsera juga dapat melakukan test halaman pribadi yang terlindungi password login. Terdapat versi gratis dan berbayarmulai dari $39 untuk 14 hari.

CrossBrowserTesting adalah layanan premium (dengan masa trial/percobaan gratis selama seminggu) anda dapat memilih web browser dan sistem operasi dan melakukan test website. Anda dapat melakukan test sebuah website langsung secara online dan tidak hanya sekedar sebuah screenshot, dan proses screenshot merupakan juga terdapat disini. Paket Basic menawarkan 150 menit testing dengan harga $19.95 per bulan.

Browser Sandboxx adalah perangkat gratis yang dapat mejalankan berbagai web browser di sistem anda. Klik pada browser yang anda inginkan dan akan membuka serta dapat melakukan test pada website (catatan: layanan ini tidak berjalan di Chrome)

Microsoft’s Expression Web SuperPreview juga aplikasi gratis yang dapat didownload untuk Windows. Web SuperPreview adalah aplikasi yang independen yang berfungsi untuk mengetest berbagai web browser dan sistem operasi.

IE NetRenderer layanan yang baik, dan menyediakan perangkat untuk melakukan testing dari IE5.5 sampai IE8. Cukup pilih versi IE yang anda inginkan dan masukkan alamat URL, maka anda akan melihat halaman web anda disana, tetapi anda tidak dapat berinteraksi dengan halaman website tersebut.

BrowserCam dapat melakukan test website online (tidak hanya screenshots) di berbagai web browser dan sistem operasi. Juga menyertakan fitur untuk testing pada perangkat mobile dan testing email. Terdapat berbagai paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda dan lama berlangganan yang anda inginkan. 24 jam free trial tersedia dan anda dapat melakukan capture hingga 200 kali.

Multi-Browser Viewer adalah software (Windows) yang dapat dibeli untuk membantu melakukan testing website dan desain. Menawarkan 16 virtual browser dan 48 variasi screenshot. Anda dapat menjalankan berbagai web browser secara cepat dan mudah. Lisensi untuk single-user seharga $129.95 and 14-day free trial juga tersedia.

NetMechanic’s Browser Photo menyediakan screenshots dari berbagai pilihan browsers dan sistem operasi. Browser Photo tersedia dengan harga $150 per domain per tahun, atau $15 untuk sekali penggunaan.

Test iPhone adalah layanan gratis simulator iPhone yang dapat menampilkan halaman web anda dengan di iPhone, dan anda dapat berinteraksi dengan halaman web anda melalui simulator. Catatan: apabila anda ingin mengakses mobile version sebuah website, anda perlu memasukkan alamat URL mobile site.

iPhoney menyediakan 320 x 480-pixel canvas (powered by Safari) jadi anda dapat melakukan test website dengan tampilan mobile (ini bukan iPhone simulator, hanya browser dengan ukuran mobile). iPhoney tersedia secara gratis untuk didownload dari MarketCircle.

IETester dari DebugBar adalah web browser gratis (Windows) yang dapat digunakan user untuk melakukan test terhadap website di IE8, IE7, IE6, dan IE5.5.

ViewLike.us bukan perangkat untuk melakukan testing website di berbagai web browser, tetapi apabila anda melakukan testing pada browser anda mungkin ingin melakukan check tampilan di berbagai resolusi layar. Dengan ViewLike.us anda dapat memilih resolusi yang diinginkan dan memasukkan URL untuk melihat bagaimana tampilannya. Ini merupakan cara yang cepat untuk melakukan test pada berbagai resolusi layar monitor.

One thought on “15 Tempat Untuk Melakukan Cross-Browser Testing (Web Browser Test)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s