Tips Memilih Penyedia Web Hosting Yang Baik


Saat anda membutuhkan web hosting, anda sebaiknya berhati-hati karena banyak hal-hal yang mungkin disembunyikan dari anda. Lakukan pengecekan secara hati-hati untuk menemukan layanan dan harga yang terbaik dari sebuah web hosting yang profesional. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui:

1. Marketing berlebihan – Saat sebuah layanan web hosting menyatakan bahwa mereka telah menjalani bisnis ini lebih dari 20 tahun, jangan percayai mereka. Industri web hosting komersil bahkan belum ada di tahun 80-an, jadi waspadai klaim semacam ini. Meskipun sebuah industri web hosting yang telah terkenal mengklaim telah menjalakan industri ini lebih dari 10 tahun, tetapi apabila anda benar-benar lakukan pengecekan, hal ini adalah kebohongan.

2. Menjual dengan harga sangat murah (overselling) – Orang mungkin akan merasa heran, bagaimana layanan web hosting bisa menawarkan media penyimpan/storage dengan kapasitas terabytes dengan harga yang sangat murah. Kenyataannya adalah, apabila anda menggunakan kapasitas besar maka akun anda akan dimatikan/suspend. Jadi setelah anda mengupload beberapa giga file, masih ada kemungkinan semua akan hilang, karena anda melampau batasan tersebunyi yang dimiliki oleh akun anda, dan hosting itu sangat mungkin tidak akan bertanggungjawab atas kehilangan data anda,

3. Gambaran berlebihan untuk kapasitas pusat data/datacenter – Saat sebuah layanan web hosting memasang gambar yang menggambarkan ratusan web server di datacenter mereka, jangan mudah dibohongi. Banyak layanan web hosting hanyalah sebagai pengecer/reseller online storage, jadi pastikan check track-record dan alamat bisnisnya untuk memastikan apakah mereka jujur.

4. Meremehkan kesepakatan sesuai penawaran – Sebuah layanan web hosting mungkin menawarkan kapasitas besar senilai 5USD / bulan tetapi kenyataannya anda dikenakan biaya hingga 25USD / bulan. Tanyakan pada mereka apa saja tambahan biaya yang akan dikenakan dalam paket akun anda, sehingga anda tidak akan terkejut melihat biaya yang tidak terduga.

5. Layanan support 24jam – Ketika sebuah layanan web hosting menjanjikan layanan customer support 24 jam sehari, jangan langsung percayai mereka. Banyak perusahaan web hosting yang menjalankan bisnis dengan bujet sangat terbatas dan bahkan tidak menggunakan customer support yang dapat standby untuk menangani permasalahan customer. Layanan mereka umumnya terbatas pada email yang mana ini lebih mudah ditangani dan lebih murah. Bagaimana apabila mereka sedang tertidur saat anda membutuhkan bantuan yang sifatnya darurat/urgent? Sebaiknya anda perlu melakukan test sebelum melakukan registrasi pemesanan jasa mereka, untuk mengetahui seberapa bagus mereka dapat diandalkan.

6. Pengalaman yang berlebihan – Banyak perusahaan web hosting yang tidak memiliki pengalaman yang memadai. banyak yang demi menghemat biaya, mereka menjalankan server mereka menggunakan komputer desktop, bukan berupa dedicated server. Coba hubungi mereka dan check dulu kompetensi mereka dalam melayani kebutuhan dan harapan anda. Jika tidak memenuhi, cari layanan web hosting yang lebih baik.

7. Web Hosting bukan bisnis utama mereka – Banyak layanan web hosting merupakan bagian dari layanan mereka yang lain seperti web design, SEO, dan lainnya. Ini akan berdampak pada kualitas layanan yang dapat mereka berikan pada pelanggan web hosting mereka.

8. Bandwith yang terbatas – Banyak web hosting murah dan web hosting kecil menawarkan bandwith yang besar, tetapi ini tidak terpenuhi sesuai janji. Untuk melindungi diri anda dari kekecewaan, pastikan anda membaca TOS (Terms of Services) dan mengecek prosedur upgrade mereka apabila kebutuhan traffic website anda meningkat.

9. Server yang terlalu sesak – Web hosting umumnya menjejali server mereka dengan ribuan akun yang pastinya ini menjadi salah satu sebab buruknya bandwith dan layanan mereka. Kunjungi dulu website yang di hosting pada server mereka untuk mengetahui performa koneksi dan kecepatan. Terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan software monitoring uptime bagi web hosting service dan anda dapat gunakan ini untuk membantu memperoleh informasi sebelum mengambil keputusan.

10. Keamanan yang lemah – Karena terdapat ribuan akun tersimpan dalam server, banyak layanan web hosting tidak dapat memberikan garansi perlindungan terhadap serangan cyber dan infeksi dari malware, dengan semakin banyak akun dalam server tersebut dan pengawasan yang lemah, semakin tinggi resiko yang anda hadapi.

3 thoughts on “Tips Memilih Penyedia Web Hosting Yang Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s