Tips Memanfaatkan Pendekatan E-Commerce Untuk Menjual Produk dan Jasa


Seringkali apabila kita berpikir tentang toko online,kita memikirkan kompleksitas yang akan dihadapi. Keranjang belanja, merchant account, sistem pembayaran, integrasi dengan sistem, suto-responder dan virtual terminal hanya beberapa aspek dari sistem belanja online yang membikin anda pusing. Sistem yang tampak membingungkan ini sudah cukup membuat enterpreneur/pengusaha yang sibuk akan menjauh dari sistem berjualan di internet.

Beberapa tahun lalu, masih sangat sedikit pilihan untuk menjual barang anda melalui internet. Anda harus memiliki reputasi yang baik untuk mendapat merchant account. Dana dari merchant account akan disalurkan melalui sebuah rekening dan terdapat biaya/ potongan untuk setiap akun rekening. Beberapa bank bahkan memberikan potongan untuk setiap transaksi di rekening anda. Ada juga biaya merchant yang dobel yaitu biaya payment gateway dan payment processor Bahkan meskipun dengan penjualan nol dalam sebulan, anda tetap akan dikenakan biaya per bulan untuk biaya gateway, hosting, shopping cart dan beberapa biaya lainnya. Selain biaya tetap tersebut, anda juga harus membayar persentase potongan untuk setiap penjualan. Untungnya, tahun-tahun terakhir ini, semuanya menjadi lebih sederhana dan lebih murah.

Apabila anda mencari sistem pembayaran sebagai perseorangan, bisnis kecil, komunitas atau grup atau perusahaan, anda dapat memulai mencari pilihan sistem belanja mudah yang tersedia saat ini. Dengan sistem pengecekan akun standard dan layanan pembayaran third-party, maka anda sudah dapat menerima pembayaran melalui email. Anda dapat menulis singkat informasi email dan menaruh link pada email anda untuk digunakan oleh customer anda dalam melakukan pembayaran. Mungkin anda ingin menggunakannya sebagai donasi bagi organisasi anda, cukup gunakan link tersebut dan para donatur akan dengan mudah melakukan pengiriman dana. Namun untuk anda yang ingin tampil lebih profesional dan memudahkan customer anda,  buatlah sebuah website, blog atau halaman social media, karena dengan ini anda dapat menyediakan informasi lebih lengkap mengenai proses pembayaran. Dengan blog, website atau social media, anda dapat menciptakan prosedur pembayaran yang lebih bagus. Anda dapat menyertakan artikel yang informatid berupa audio, video untuk penyajian informasi lebih lengkap bagi pelanggan anda sebelum melakukan pembayaran.

Mungkin saat ini anda berpilik, “Ini seharusnya bisa dilakukan, bisakan saya melakukan ini?. Ok, ini beberapa tips bagi yang anda yang ingin melakukan prosedur commerce dengan mudah:

  • Tentukan apa yang ingin anda jual dan berapa anda menghargainya. Lakukan riset online di pasaran apabila anda masih belum yakin dengan harga yang anda miliki.
  • Tulis deskripsi sekitar 200 kata atau kurang mengenai produk atau layanan anda. Pastikan anda menuliskan dengan baik mengenai fitur dan keuntungan dari produk yang anda tawarkan.
  • Gunakan template sederhana untuk menciptakan sebuah website, blog atau social media untuk menempatkan link pembayaran untuk produk anda atau layanan anda. Selalu ingat untuk menciptakan halaman “Thank You” yang akan muncul saat customer selesai melakukan pembelian. Apabila anda menjual barang yang berupa file/digital goods, tempatkan download link atau instruksi untuk mendownload di halaman ini.
  • Buka sebuat akun third-party yang dapat memproses pembayaran bagi customer anda. Terdapat banyak pilihan. Pastikan menggunakan layanan yang fiturnya cocok dengan kebutuhan anda.
  • Tambahkan detail produk atau layanan pada akun payment processor anda, Sebuah link email atau html embed code akan tercipta di langkah ini.
  • Lakukan pengetesan pada link atau web code untuk memastikan ini berjalan sesuai yang anda inginkan dan berjalan normal.
  • Sekarang anda telah siap untuk mengambil informasi dan menaruh pada website anda atau mengirimkannya melalui email.
  • Tugas selanjutnya adalah memonitor penjualan anda dan meningkatkan layanan pada customer anda. Dan nikmati hasil penjualan anda dengan sistem e-commerce ini.

Kini anda telah membaca gambaran singkat bagaimana memanfaatkan sistem commerce untuk menjual jasa produk atau layanan/service.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s