Perangkat Profesional yang Dibutuhkan Untuk Menampilkan Portfolio Anda (Web Showcase)


Saat anda memulai promosi bidang usaha atau keahlian anda di dunia online, tentunya anda perlu memberikan bukti hasil karya anda kepada pengunjung website anda. Apabila profesi anda seorang seniman, desainer, fotografer, atau web desainer, maka ana perlu memasang portfolio website yang merupakan showroom online. Untuk menyajikan karya-karya anda diperlukan sebuah perangkat presentasi yang profesional, dengan sentuhan modern dan fungsionalitas tinggi, sehingga portfolio anda tampil lebih profesional dan menjual.

Apabila anda sudah menguasai pemrogramman, pastinya anda dapat membuatnya sendiri dengan berbagai software semacam Dreamweaver, dan lainnyam, namun sebagai alternatif, berikut beberapa perangkat penyaji portfolio yang dapat anda gunakan secara gratis dengan kualitas tinggi.

SimpleViewer tampil mengesankan, dan dapat menyajikan visualisasi yang menakjubkan untuk portfolio anda sehingga pasti akan menarik bagi para pengunjung. Menggunakan XML untuk mengambil gambar dari direktori web (atau Flickr dengan konfigurasi tertentu) dan menampilkannya sebagai presentasi Flash. Anda dapat memasukkan judul dan link pada setiap gambar.

Kelebihan aplikasi ini adalah dari segi desain, presentasi yang bersih, artistik, profesional dan unik. Terdapat pula versi pro, namun untuk yang gratis pun dapat anda kustomisasi dengan maksimal. Pengunjung dapat memperbesar gambar seukuran halaman penuh, atau dapat meng-embed gambar pada website atau blog.

Namun untuk kekurangannya adalah, bentuknya yang sangat sederhana, tidak ada software atau user interface untuk SimpleViewer. Hanya terdapat 1 buah file Flash dan satu file XML. jadi anda harus mengetahui bagaimana menggunakan code pemrogramman sederhana, dan memiliki akses pada file direktori di web hosting untuk mengatur file anda.

PhotoSnack solusi berbasis web yang dapat menubah foto-foto anda menjadi slideshow, cukup upload foto anda melalui akun di web tersebut. Versi gratis menampilkan presentasi flash yang cukup bersih dan fitur untuk embed ke website. Apabila anda membutuhkan kustomisasi lebih lanjut, anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, fitur tambahan dapat dibeli melalui sistem point.

Kelebihan software ini adalah navigasi website yang mudah, dan anda tidak perlu menyewa hosting untuk memasang foto dan gambar, karena semua foto dan gambar di-upload di PhotoSnack, mengubah dan mengatur slideshow sangat mudah, dan kustomisasi setting pada embed code untuk memastikan ukurang presentasi sesuai dengan ukuran web anda.

Kekurangannya adalah pilihan kustomisasi yang tidak banyak, presentasi untuk versi gratis tampak sederhana dan embed code berisi link ke website PhotoSnack. Juga perlu dicatat Flash tetap tidak dapat dilihat di sebagian besar platform mobile dan memberikan ruang kosong bagi user yang menggunakan web browser lama.

ScriptOcean menyediakan software yang dapat didownload dengan user interface yang dapat menciptakan dan mengkustomisasi menu dengan mudah. Tambahkan gambar dari direktori lokal, atur dimensi, warna dan animasinya, dan software ini akan secara otomatis mengeluarkan file Javascript yang code tersebut dapat diembed. Upload semuanya ke website anda dan gunakan embed code untuk menampilkannya.

Kelebihan software ini adalah kustomisasi yang sangat detail, anda dapat mengontrol semua dari warna diatara slide, kecepatan dan lainnya.

Kelemahannya adalah anda perlu hosting untuk menaruh gambar dan script file, dan anda juga harus tahu dimana letak file pada web direktori anda agar JavaScript dapat dipanggil. Software interface memudahkan untuk konfigurasi, namun tidak untuk seorang pemula.

Carbonmade adalah komunitas online portfolio dengan klasifikasi. Menampilkan presentasi dengan sangat bagus, bahkan bagi seorang graphic desainer pun. Bebas Flash dan dibuat dengan sangat rapi dan teliti. Interface drag-and-drop memudahkan mengatur, menampilkan dan men-share portfolio anda.

Kelebihan dari software ini adalah memiliki perangkat yang sederhana dan mudah, serta tampilan yang berkelas. Dalam menambahkan foto, anda juga bisa memasukkan video dan flash. Terdapat metric untuk mengtahui siapa yang melihat portfolio anda, dan komunikasi dengan sesama pemilik portfolio sangat mudah melalui komunitas online-nya.

Carbonmade tidak menyediakan kemampuan untuk meng-embed portfolio di website anda sendiri. Ini menjadi kelemahan bagi para profesional yang butuh menampilkan portfolio di website/domain sendiri, dibandingkan di website third-party. Untuk memasukkan portfolio ke custom domain dapat dilakukan dengan akun berbayar $12 per bulan.

Bila semua diatas tadi masih belum cukup, selalu ada Flickr untuk anda. Apabila anda sudah memasukkan karya anda didalamnya, cukup mengubahnya menjadi satu grup dan memasang embed slideshow dalam portfolio website anda. Semuanya gratis, dan tentunya Flickr slideshow tampil dengan elegan serta fungsional yang pro.

Namun untuk menciptakan embed code, Flickr sendiri tidak menyediakannya, anda dapat menggunakan beberapa perangkat dibawah ini untuk memprosesnya.

FlickrSLiDR – cukup masukkan URL set Flickrt, user atau grup yang ingin anda buat slideshow, mengatur parameter, dan klik ‘create’ untuk mendapatkan kode yang dapat anda pasang di website/domain anda sendiri.

Flickrshow – juga merupakan alternatif untuk mengkustomisasi untuk embed Flickr Slide. Cukup gunakan kode Flickrshow Javascript sesuai instruksi di websitnya, dan atur parameter yang dibutuhkan.

Kelebihan dari Flickr adalah semua serba gratis, dan dari segi aspek sosial Flickr memberikan banyak manfaat dengan meng-upload konten anda disana.

Kelemahannya adalah memiliki portfolio dengan slideshow bermerk Flickr rasanya kurang ideal bagi seorang profesional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s