Daftar 10 CSS Tools Yang Mempermudah Para Web Developer Dalam Membuat Sebuah Website


Terdapat banyak CSS tools yang tersedia di internet, namun ada beberapa yang sangat efektif dan berguna. Tools ini dapat membantu membuat form, tombol/button, halaman/page dan kemampuan untuk menggenerate CSS secara otomatis.

Berikut 10 CSS tools yang dapat membuat tugas anda lebih ringan, mungkin ada telah cukup mengenal dengan beberapa tools ini :

1. CSS Type Set – tools ini sangat berguna di bagian typography atau huruf, yang dapat membantu anda mengatur desain huruf pada website.

2. Em Calculator – tools berbasis Javascript ini dapat membantu anda mengatur skala desain CSS. Mengubah ukuran dalam pixel menjadi em unit, yang merupakan basis dari ukuran huruf.

3. Deploy – apabila anda memulai sebuah proyek website, anda dapat selalu memulainya dengan membuat struktur sederhana sebuah website. Termasuk didalamnya menciptakan folder untuk CSS dan gambar, downloading dan termasuk JQuery, dan menambahkan CSS reset.

4. CSS Sprite Generator – ini adalah salah satu tools yang sangat berguna untuk membantu anda menggenerate sprite gambar untuk proyek website anda.

5. CSS Drive, CSS Compressor – Gunakan perangkat ini untuk mengkompres CSS anda untuk meningkatkan kecepatan loading dan menghemat bandwith dengan lebih baik. Anda dapat memilih dari 3 level kompresi, semakin tinggi kompresi anda, semakin sulit CSS anda untuk dibaca. Normal mode cukup bagus, karena berada di posisi tengah.

6. Blueprint Grid CSS Generator -Dengan tools ini anda dapat menggenerate file Blueprint grid.css dan compressed.css dan grid.png dengan lebih fleksibel. Apakah terdiri dari 8, 10, 16 atau 24 kolom pada desain anda, generator ini dapat digunakan dengan sangat fleksibel.

7. CSS Layout Generator – Generator ini akan menciptakan layout website versi fluid atau fixed width, dengan hingga maksimal 3 kolom, header dan footer. Ukuran dapat menggunakan pixel, em atau persentase.

8. Colors Palette Generator -CSS Drive Image to Color Palette Generator, sesuai namanya, anda dapat mengupload gambar dan menggenerate warna utama yang terdapat pada gambar tersebut. Sangat berguna untuk mengambil unsur warna pada sebuah gambar yang menjadi inspirasi desain anda.

9. W3C CSS Validation – Melakukan pengecekan Cascading Style Sheets (CSS) dan dokumen (X)HTML dengan style sheets.

10. Button Maker Online -Gunakan tools ini untuk menciptakan micro button (80×15) yang valid XHTML dengan mudah. Anda juga dapat memilih ukuran yang lebih besar misalnya 88×31.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s