5 Software Image Editing Terbaik Untuk Sistem Operasi Linux


Gambar merupakan sesuatu yang mendasar dalam arus data saat ini. Cara terbaik untuk menyimpan kenangan kita adalah mengambil snapshot moment dalam hidup kita. Untuk menyimpan hasilnya anda membutuhkan software yang dapat menyimpan, mengatur dan mengkoreksi dengan mudah sesuai perintah anda. Berikut ini adalah beberapa software photo editing terbaik yang bersifat open source.

1. GIMP – GIMP yang merupakan kepanjangan dari GNU Image Manipulation Program. Adalah software gratis untuk photo retouch, image composition dan authoring. Dapat digunakan untuk aplikasi simple paint dan di waktu yang sama sebagai photo retouch profesional. Dapat melakukan tugas yang sangat banyak dengan tambahan plugins dan extension.

GIMP merupakan sumber kontroversi terbesar terhadapat Adobe Photoshop, software komersil yang sangat mahal. GIMP memiliki semua fitur yang mendasar untuk dapat dibandingkan dengan Photoshop. Memiliki semua painting tools termasuk didalamnya Brush, Pencil, Airbrush, Clone dan lainnya. Juga memiliki gradient editor dan blend tool yang mendukung custom brush dan pattern.

Untuk Advanced Image Manipulation, mendukung full aplha channel, layer dan channel (anda pasti mengetahui fitur ini apabila pernah menggunakan Photoshop), Undo/redo, text layer, transformation tools seperti rotate, scale, shear dan flip, selection tools seperti rectangle, rounded rectangle, ellipse, free, fuzzy.

GIMP didistribusikan di hampir semua paket Linux, juga mendukup Windows dan MAC.

2. GIMPSHOP -Versi modifikasi dari GIMP didesain untuk menduplikasi Adobe Photoshop. Ditujukan bagi pengguna open source yang telah menggunakan Adobe Photoshop dan beralih ke open source. Memiliki interface yang mirip dengan Photoshop. Seperti GIMP, sangat portable dan mendukung semua platform.

3. Krita – Alternatif lain untuk software Image Editing, berbasis KDE. Umumnya didistribusikan dengan Koffice. Sangat fleksibel dan memberikan jangkauan kreativitas yang luas untuk editing gambar. Krita sangat menyenangkan. Memiliki fitur yang mudah digunakan, seperti guided painting, dan advanced feature seperti colorspaces, layer groups atau tonemapping. Krita adalah software gratis, jadi akan terus dikembangkan dari hari ke hari.

4. Panorama Tools – Memiliki perlengkapan multi, seperti PTOptimizer, atau optimizing control points, Panoinfo, PTmender, PTblender, PTtiff2psd dan PTuncrop ion. Paniorama memiliki GIMP Plugins. GIMP-plugins disusun dan diupdate secara rutin. Kompatibel dengan full 16bit depth versi Panorama Tools Photoshop plugins.

5. HuginSoftware Image Stictching (penggabungan beberapa foto menjadi satu bagian) berbasis Panorama. Dapat menggabungkan berbagai set gambar overlapping. Menggunakan software ini merupakan sebuah karya seni. Software seperti Hugin sangat jarang ditemui. Anda dapat mencoba mengambil beberapa foto dari beberapa sudut, dan kemudian menggabungkannya menjadi sebuah foto panorama. Wajib dicoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s