Cara Membuat dan Mempublikasikan Website (Tips Bagi Pemula)


Terdapat ratusan juta website di internet dari segala penjuru dunia, inilah yang disebut World Wide Web (WWW). Dengan semakin majunya teknologi, website semakin mudah dibuat dan bahkan seorang individu dengan pengetahuan dasar mengenai komputer dapat memiliki dan menjalankan website dalam waktu yang singkat.

Dengan teknologi yang ada saat ini, publikasi website dapat dilaksanakan dengan hanya 3 langkah berikut :

  • Membuat website
  • Mencari tempat hosting (web hosting)
  • Meng-upload website

Tergantung dari skill dan kemampuan anda, sebuah website dapat dibuat secara manual dengan menggunakan Dreamweaver atau notepad. Selain itu, website juga dapat dibuat dengan sistem yang otomatis dengan menggunakan berbagai program open-source. Metode kedua adalah cara termudah dan tidak membutuhkan kemampuan programming.

Salah satu metode paling populer dalam membuat website adalah dengan WordPress, sebuah content management system. Mulanya ini dikhususkan untuk membuat blog, dan kini telah berkembang pesat menjadi berbagai tipe website termasuk toko online. Terdapat ribuan tema desain website yang dibuat oleh user. Tambahan plug-in, widget dan berbagai tool lainnya yang digunakan untuk berbagai keperluan. Umumnya tersedia secara gratis.

Selain itu, content managemen system lainnya yang sangat berguna adalah Joomla dan Drupal yang dapat membuat website dan mengatur konten didalamnya. Untuk menggunakan Joomla atau Drupal, anda dapat menginstal secara benar dan dapat langsung memanfaatkannya. Terdapat banyak tool untuk pembuatan website yang anda butuhkan
Setelah website tercipta, waktunya untuk mencari paket web hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. Umumnya anda tidak ingin menggunakan layanan gratis dikarenakan kualitasnya yang tidak terlalu bagus. Karena perusahaan layanan web hosting umumnya menyesuaikan antara paket harga dengan bentuk layanan. Aspek penting dalam memilih web hosting adalah skala kualitas, media penyimpan, bandwidth, CPU dan harga.
Setelah anda menemukan penyedia web hosting, kini waktunya untuk mengupload data anda ke websitee. Cari program FTP (File Transfer Protocol) yang gratis dan buat koneksi ke website anda menggunakan IP atau domain yang anda miliki. Kemudian cukup drag/seret file-file dari komputer anda ke server melalui jendela FTP program. Banyak web hosting yang juga menyediakan instalasi otomatis untuk berbagai CMS seperti Joomla, Drupal dan WordPress.
Tedapat banyak software website untuk membuat website tanpa perlu kemampuan programming. Dengan tambahan freeware dan lisensi software open-source, tentunya ini sesuatu yang sangat tidak mahal. Dengan semakin majunya teknologi, pekerjaan ini menjadi semakin mudah sehingga hampir setiap orang akan dapat memiliki website .
About these ads

12 thoughts on “Cara Membuat dan Mempublikasikan Website (Tips Bagi Pemula)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s